Wednesday, October 12, 2016

Stefano Lilipaly Selangkah Lagi Bela Timnas Indonesia


Seputar Timnas -  Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Azwan Karim, memastikan telah menyurati klub asal gelandang naturalisasi, Stefano Lilipaly, SC Telstar. Hal itu terkait dengan permintaan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Alfred Riedl, yang menginginkan pemain berusia 26 tahun itu bergabung dalam training camp (TC).

Terhitung sejak Selasa (11/10/2016) PSSI telah mengajukan permintan secara resmi kepada SC Telstar untuk menggunakan jasa Stefano Lilipaly di timnas.

Jika direstui oleh pihak klub kasta kedua liga Belanda tersebut, Lilipaly bakal bergabung pada TC timnas pada 20-28 Oktober 2016 yang masih belum dipastikan tempatnya.

Selain itu, dia juga diproyeksikan untuk membela timnas pada laga uji coba kontra Myanmar pada 4 November 2016 dan Vietnam empat hari berselang.

"Manajer SC Telstar meminta surat resmi pemanggilan Stefano Liliplay, dan itu sudah kami kirim per hari ini. Kini, kami tinggal menunggu keputusan mereka," ucap Azwan kepada wartawan di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Rencananya, 35 nama bakal disetor ke AFF pada 15 Oktober 2016 dan 22 pemain di antaranya akan menjadi skuat final yang mewakili Indonesia dalam Piala AFF 2016.

Menjelang turnamen dua tahunan tersebut, Riedl terus berbenah untuk menentukan komposisi terbaik. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Filipina, Thailand, dan Singapura.

Lililpaly lahir di Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990. Darah Indonesia eks pemain Persija Jakarta itu mengalir dari ayahnya yang merupakan keturunan Ambon, Maluku, sedangkan ibunya asli Belanda.

Sebelumnya, Lilipaly pernah dipanggil Riedl pada pemusatan latihan timnas U-23 yang disiapkan untuk SEA Games 2011 dan kualifikasi Olimpiade 2012. Namun, kala itu cedera membuatnya urung membela timnas.

Debut Lilipaly di timnas baru kesampaian pada 14 Agustus 2013. Itu saat dia megkreasi satu assist untuk membantu Indonesia menang 2-0 atas Filipina dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo.[Kompas]