Monday, October 24, 2016

Panggil Banyak Gelandang ke Timnas, Ini Alasan Riedl


Seputar Timnas -  PSSI secara resmi telah mendaftarkan 40 pemain ke Asean Football Federation (AFF) untuk berlaga dalam Piala AFF 2016 yang berlangsung di Filipina dan Myanmar, 19 November-18 Desember 2016 mendatang. Namun, dari jumah pemain tersebut hanya 23 yang akan dibawa ke ajang tersebut.

Pemilihan nama pemain itu dilakukan setelah Riedl mengamati para pemain saat training center (TC) yang sudah beberapa kali berjalan, serta pengamatan arsitek Timnas Alfred Riedl dalam kompetisi Torabika Soccer Championship yang tengah berlangsung saat ini.
(Baca juga: Ini 40 Nama Pemain Timnas Indonesia Menuju Piala AFF 2016)

40 nama yang dirilis federasi terdiri 6 kiper, 13 pemain belakang, 15 gelandang, serta 6 pemain depan. Terkait dengan banyaknya pemain yang dipanggil untuk posisi gelandang, Riedl mengaku hal tersebut sengaja dilakukan agar bisa memiliki banyak pilihan. Dengan banyaknya pemain di satu lini tersebut maka diharapkan bisa memacu para pemain untuk bersaing ketat memperebutkan posisi inti.

"Tetap saja nantinya hanya akan ada empat pemain sebagai starter saat berlaga," ujarnya.

Dari nama-nama yang sudah resmi dirilis, beberapa di antaranya tengah mengikuti pemusatan latihan tahap 5 yang tengah berlangsung di Yogyakarta sejak 20 Oktober 2016 yang lalu. Seperti kiper Kurnia Meiga, Jandia Eka Putra dan Dian Agus Prasetyo.

Kemudian ada duet palang pintu Fachrudin Wahyudi-Rudolof Yanto Basna. Di tengah ada Evan Dimas dan Dedi Kusnandar yang baru datang Minggu 23 Oktober 2016 dari klub Malaysia, Sabah FA. Sementara itu, di depan ada Boaz Solossa dan Lerby Eliandry.

Adapun pemain yang tidak ikut dalam TC kali ini namun namanya masuk daftar 40 pemain antara lain Andritany Ardhiyasa, Teja Paku Alam dan I Made Wirawan di bawah mistar. 

Serta Irfan Bachdim yang masih menjalani pemulihan cedera di klubnya, Sapporo Jepang. Yang menarik, kembali dipanggilnya pemain naturalisasi yang saat ini membela klub Telstar FC, Belanda, Stefano Lilipaly.

"Ada beberapa pemain yang akan langsung bergabung saat laga melawan Myanmar," kata Riedl.

Sebelum berlaga di Piala AFF, Indonesia bakal melakoni dua laga uji coba internasional, kontra Myanmar, 4 November 2016, dan Vietnam, 8 November 2016. [Sumber VIVA]