Tuesday, September 6, 2016

Laga Vs Malaysia Jadi Era Baru Kebangkitan Timnas?


Seputar Timnas -  Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Malaysia di Stadion Manahan, Solo, Selasa 6 September 2016. Ini merupakan pertandingan internasional pertama kali usai lepas dari sanksi dari FIFA.

PSSI dijatuhi sanksi oleh FIFA sekitar 12 bulan karena dianggap ada intervensi dari pemerintah. Sebagai dampaknya, Indonesia pun tidak bisa tampil di kancah internasional baik untuk level klub atau timnas.

Namun setelah FIFA mencabut sanksi beberapa waktu lalu, Indonesia kembali bisa aktif. Piala AFF 2016 merupakan ajang terdekat yang akan diikuti Tim Garuda. Tak mau asal tampil, saat ini pasukan Merah-Putih melakukan persiapan serius dengan dikomandoi pelatih Alfred Riedl.

Laga kontra Malaysia digelar sebagai bagian dari persiapan tim. Tapi selain untuk menguji kemampuan skuat yang ada, menurut mantan asisten pelatih timnas, Widodo Cahyono Putro, pertandingan itu juga bisa disebut sebagai penanda era kebangkitan sepakbola nasional.

"Ini adalah era kebangkitan nasional. Namun kebangkitan tersebut harus menyeluruh, bukan hanya soal timnas saja," kata Widodo ketika dihubungi VIVA.co.id, Senin 5 September 2016.

Riedl pada kesempatan ini banyak memanggil pemain muda. Widodo yang sekarang menangani Sriwijaya FC berharap, talenta-talenta belia tersebut nantinya bisa menjadi andalan atau tulang punggung kejayaan Timnas.

"Meski saat ini belum ada kompetisi resmi, namun mereka dipanggil masuk timnas. Ke depan sebaiknya dipikirkan kompetisi yang bagus. Salah satu era kebangkitan ini ditandai banyaknya pemain muda yang dipanggil," ujar Widodo.