Tuesday, September 6, 2016

Boaz dan Bachdim Bersinar, Timnas Garuda Bantai Malaysia 3-0


Seputar Timnas - Boaz Solossa menjadi pahlawan kemenangan Indonesia atas Malaysia dalam laga uji coba yang dimainkan di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9) malam WIB. Dua gol dan satu assist-nya memastikan kemenangan Timnas Garuda 3-0 atas Malaysia.

Dua gol itu masing-masing dicetak Boaz pada menit 6 dan 21. Dua gol tersebut membuat striker Persipura itu sudah menyumbang 10 gol untuk Indonesia. Sedangkan satu assist dibuatnya untuk gol kedua yang dicetak Irfan Bachdim di menit 11.

Ini menjadi kemenangan perdana dalam laga pertama Indonesia setelah terlepas dari sanksi FIFA. Skor 3-0 menjadi kemenangan besar pertama Indonesia atas Malaysia sejak kemenangan 5-1 dalam pertemuan pada 1 Desember 2010 juga dalam laga uji coba.

Hasil ini pula memperpanjang catatan bagus Indonesia dalam pertemuan dengan Malaysia. Kini, dari 95 kali pertemuan itu, Indonesia menang 39, Malaysia menang 35, dan imbang 21.

Indonesia tampil dominan dalam penguasaan bola dan peluang sepanjang 45 menit pertama. Permainan menyerang dengan umpan bola-bola pendek diperlihatkan Boaz dan kawan-kawan. Sedangkan Malaysia kesulitan menemukan permainan terbaiknya. Beberapa kali upaya mereka berhasil dipatahkan lini tengah Indonesia.


Baru enam menit pertandingan, Indonesia sudah unggul lewat gol pembuka Boaz. Pemain Persipura menerobos ke dalam kotak penalti dan berhasil mengirim tembakan kencang ke sisi kanan gawang gawang.

Berselang lima menit kemudian Irfan Bachdim memperbesar keunggulan. Umpan terbosan Boaz mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Irfan, yang mengirim tembakan kencang ke sisi kiri gawang Fahmi.

Unggul 2-0, Indonesia terus bermain menyerang. Menit 21, Boaz mencetak gol keduanya lewat tendangan kencang dai jarak dekat memanfaatkan kemelut di depan gawang Malaysia. Indonesia 3-0.

Di babak kedua, Pelatih Alfred Riedl menarik keluar Boaz dan Zulham Zamrun dengan memainkan Lerby Eliandry dan Irsyad Maulana.

Malaysia mulai mampu mengembangkan permainan. Mereka mampu menguasai bola meski tetap tidak mudah untuk memasuki kotak penalti Indonesia. Tiga menit permainan, Irfan nyaris menjebol kembali gawang Malaysia. Sayang tendangannya masih menghantam tiang gawang.

Banyaknya perubahan membuat Indonesia kembali harus mencari irama permainan. Apalagi setelah Irfan ditarik keluar karena cedera usai bertabrakan dengan kiper Khairil.

Jelang laga berakhir kiper Andritani menggagalkan peluang Malaysia. Skor 3-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai laga berakhir.

Kemenangan ini menjadi bekal bagus buat Indonesia dalam persiapannya menghadapi Piala AFF yang akan digelar mulai 19 November mendatang.[Berita Satu]

Susunan Pemain
Indonesia: Andritany Ardhiyasa, Abdul Rachman, Benny Wahyudi, Fachruddin Wahyudi, Yanto Basna (73 Dedi Gusmawan) , Andik Vermansyah, Bayu Pradana, Evan Dimas, Zulham Zamrun (46 Irsyad Maulana) , Boaz Solossa (46 Lerby Eliandry) , Irfan Bachdim (70 Ichsan Kurniawan)

Malaysia: Khairil Fahmi, Mattew Thomas, Brendan Seng, Moh Fadli (60 Shahrul bin Mohd Saad) , Ronny Fadhli, Irfan Fazail, Baddrol Bakhtar, Amri Yahya, Zack Haikal, Moh Azrif, Safawi Rasid (58 Mohd Zaquan)