Thursday, May 19, 2016

Terkendala Waktu , PSSI Tak Targetkan Timnas Juara Piala AFF 2016


Seputar Timnas - Gelaran Piala AFF akan berlangsung pada 19 November hingga 17 Desember 2016 mendatang. Tentunya, tak banyak waktu yang dimiliki Indonesia untuk menggelar persiapan, apalagi setelah baru saja bebas dari sanksi Badan Sepakbola Internasional (FIFA).

Sebelum melaksanakan persiapan, ada tugas besar yang harus diselesaikan oleh PSSI terlebih dulu. Memilih pelatih, adalah masalah yang harus dipecahkan oleh PSSI sebelum melaksanakan pemusatan latihan untuk timnas jelang Piala AFF.

Kemungkinan besar, pelatih timnas baru bisa diketahui pada pekan depan atau akhir Mei 2016. Artinya, Indonesia hanya memiliki waktu efektif untuk persiapan Piala AFF sekitar lima bulan saja.

Dengan waktu yang singkat, PSSI pun enggan memasang target tinggi kepada timnas di Piala AFF. Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Toni Aprilani, sadar persiapan mepet timnas belum tentu menghadirkan prestasi tinggi di turnamen terbesar antar negara se-Asia Tenggara tersebut.


"Kami harus mempersiapkan timnas Indoensia dalam waktu yang sedekat ini. Piala AFF digelar bulan November dengan apa adanya. Tapi, tentu kami ingin mempersiapkan sebaik-baiknya agar tidak mengecewakan," kata Toni saat ditemui di sela-sela diskusi PSSI Pers, Kamis 19 Mei 2016.

Grafik prestasi Indonesia di dua edisi Piala AFF tak terlalu memuaskan. Setelah berhasil menembus final pada 2010 lalu, Indonesia hancur lebur di edisi 2012 dan 2014. Mereka gagal lolos ke fase semifinal.[viva]