Tuesday, May 17, 2016

Tanda-Tanda Damai PSSI dan Kemenpora Semakin Terlihat

Tanda-Tanda Damai PSSI dan Kemenpora Semakin Terlihat

Seputar Timnas - Salah satu agenda yang diinstruksikan oleh FIFA pasca mencabut sanksinya atas Indonesia, adalah agenda good governance. Agenda ini menyangkut hubungan PSSI dengan pemerintah, dalam mendukung perkembangan sepakbola Indonesia.

Seperti yang diketahui, dalam kurun waktu setahun terakhir, masalah ini yang jadi pokok permasalahan pelik sepakbola tanah air. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dianggap mengintervensi PSSI dengan SK Pembekuannya, berujung sanksi yang dijatuhkan FIFA.

Kini, hubungan keduanya sudah mulai harmonis. PSSI dan Kemenpora sama-sama menyatakan siap untuk menjalin hubungan, sebagaimana agenda yang diinstruksikan FIFA. Setelah Acting Ketum PSSI, Hinca Panjaitan berjanji akan segera berkomunikasi dengan pemerintah. Gayung bersambut, Kemenpora pun bersedia untuk mengadakan pertemuan sesegera mungkin dengan PSSI.

"Kami menyambut baik apa yang dikatakan Bang Hinca (Panjaitan) sebelumnya, yang segera akan berkomunikasi dengan kami," ujar Gatot Dewa Broto, Juru Bicara Kemenpora, kepada wartawan, Senin 16 Mei 2018.

"Kapan pun PSSI ingin bertemu dengan kami, kami siap. Kalau perlu besok juga kami siap, di mana pun kami juga siap. Kalau perlu kami yang ke sana (Kantor PSSI) kami juga siap," imbuhnya.

Patut ditunggu, kolaborasi PSSI dengan Kemenpora usai keluar dari perseteruan yang selama setahun terakhir. Apakah PSSI dan Kemenpora mampu bekerjasama untuk mereformasi tata kelola sepakbola Indonesia di masa depan.[Viva]