Thursday, May 19, 2016

Pelatih Asing untuk Timnas Indonesia, Tepatkah?


Seputar Timnas - PSSI belum menentukan siapa pelatih yang akan memimpin timnas Indonesia untuk menghadapi Piala AFF 2016. Belum jelas pula, apakah pelatih tersebut berstatuskan lokal atau asing.

Komite Eksekutif (Exco) PSSI, dalam rapat yang digelar kemarin, menyatakan urusan pelatih timnas sudah dilimpahkan kepada Komite Teknik. Pekan depan, mereka baru akan menentukan siapa pelatih timnas untuk Piala AFF 2016 nanti.

Maka, opsi penggunaan pelatih asing masih berkembang. Namun, opsi tersebut dianggap oleh mantan pemain timnas Indonesia, Bambang Nurdiansyah, tidak efektif.[Baca juga : Heboh Jose Mourinho Akan Tangani Timnas Indonesia

Menurut Bambang, Indonesia tak membutuhkan pelatih asing. Lelaki yang akrab disapa Banur tersebut menyatakan Indonesia lebih memerlukan proses persiapan jelang Piala AFF yang lebih baik.

Uji coba internasional baik kandang dan tandang, disebut Banur, sangat diperlukan oleh Indonesia selama masa persiapan Piala AFF nanti.

"Sebenarnya kekuatan kita, di level ASEAN itu sama. Hanya saja, persiapan timnas kurang bagus. Bukannya saya alergi pelatih asing, belum jadi jaminan juga untuk prestasi. Pilih yang bagus (pelatih asing)," ujar Banur dalam acara Free Kick PSSI Pers, di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis 19 Mei 2016.

"Latih tanding dengan tim luar negeri diperbanyak. Itu yang penting," lanjutnya.

Sementara itu, salah satu anggota Exco PSSI, Toni Aprilani, menjamin pemilihan pelatih timnas Indonesia akan dilakukan secara objektif. Toni berjanji PSSI bakal memilih pelatih yang tepat untuk memimpin Pasukan Garuda.

"Semua sudah diserahkan ke Komite Teknik. Ini memang jadi kewajiban kami. Urusan pelatih timnas juga jadi agenda yang disebutkan dalam surat FIFA. Jadi, kami harus fokus menyiapkannya," ucap Toni.[viva]