Monday, March 7, 2016

Cabut Pembekuan PSSI, Menpora: Negara Tak Boleh Kalah


Seputar Timnas - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menunggu masukan terkait dengan sembilan syarat pemerintah untuk mencabut pembekuan PSSI. Ia menganggap wajar ada penolakan dari sana sini terkait dengan sembilan syarat tersebut. “Yang penting negara tak boleh kalah,” kata Imam di kantornya, Senin, 7 Maret 2016. 

Menpora mengatakan pihak-pihak yang keberatan sebaiknya memberi masukan kepada pemerintah. “Mana yang masuk akal dan tidak, jangan main tolak saja,” kata Imam. 

Menurutnya sampai kini belum ada tanggapan resmi dari PSSI terkait dengan syarat yang diberikan pemerintah. “Tanggapannya ya cuma itu, menpora disuruh mundur,” papar Imam sambil tertawa. 

Baca juga : La Nyalla Minta Presiden Segera Ganti Menpora Imam Nahrawi

Imam Nahrawi berharap, PSSI menyampaikan mana syarat yang dianggap berat. “Bantu kami agar syaratnya jadi masuk akal,” kata dia. 

Menurut Imam, kemungkinan ada pertemuan lanjutan dengan PSSI. “Kami bisa bertemu dengan siapa saja asal jangan culas terlebih dahulu,” kata dia. Ia mengatakan pemerintah tengah mencari jalan terbaik untuk semua pihak. “Jangan belum apa-apa sudah antipati terhadap pemerintah.”

Imam menyampaikan sembilan syarat pencabutan pembekuan di sela rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR RI, Rabu (2/3). Dari sembilan syarat tersebut ada satu poin yang menyita perhatian, yaknimenjamin bagi tercapainya prestasi tim nasional sebagai juara satu dalam ajang Piala AFF 2016, SEA Games 2017, lolos kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Asian Games 2018.

Jika dilihat dari syarat tersebut, sudah dipastikan Indonesia tidak bisa mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2018 karena pertandingan seharusnya dilakukan Juni 2015 bersamaan dengan kualifikasi Piala Asia. Untuk kejuaraan lain, peluangnya memang masih terbuka jika pembekuan secepatnya dicabut.[tempo]