Thursday, January 21, 2016

Main di Spanyol, Jiwa Rantau Evan Dimas Diuji

Evan Dimas - Google Images
Seputar Timnas - Evan Dimas akan segera terbang ke Spanyol guna mengikuti program kerjasama dengan La Liga, tgl 1 Februari 2016 mendatang. Pemuda asal Surabaya, Jawa Timur tersebut dijadwalkan akan ikut bergabung dalam latihan bersama klub Espanyol B.

Di Spanyol nantinya, Evan akan menjalani program latihan selama 4 bulan ke depan. Agar keberangkatannya tidak menjadi sia-sia, Arief Wicaksono Putra, selaku CEO Nine Sports, agen yang membuka jalan pemain berusia 20 tahun tersebut menuju Espanyol menaruh harapan besar.

Arief berharap pemain jebolan tim nasional U-19 asuhan Indra Sjafri mampu mengembalikan performa seperti kala bersama Garuda Muda. Sebab, menurut penilaian Arief, belakangan ini Evan tak lagi prima seperti dulu.


"Terakhir-terakhir ini dia menurun penampilannya, bagus waktu dulu masih di Timnas u-19. Sekarang buat nendang corner saja lemah, sampai sih bolanya tapi tidak ada tenaganya jadi bola gampang diantisiapasi," papar Arief sebagaimana diberitakan VIVA.

Masalah stamina juga menjadi perhatian Arief. Menurutnya, meski berpostur kecil, namun Evan masih memiliki peluang tampil kompetitif asalkan staminanya dalam bermain bisa diunggulkan.

"Saat ini kami komunikasi dan dia giat berlatih. Kalau postur, Iniesta juga kecil, tapi yang penting kan staminannya," katanya.

Terkait masa depan Evan untuk melanjutkan karir di Spanyol, Arief sepenuhnya menyerahkan hal itu kepada sang pemain. Jika eks pemain Surabaya United ingin serius, setidaknya dia mesti menyiapkan mental karena harus jauh tinggal dari keluarga.

"Diharapakan Evan siap bermain di La Liga. karena kan ada 2 kemungkinan, dan tergantung anaknya. Apakah di sana dia niat berlatih atau tidak. Tapi kalau dia punya jiwa rantau yang kuat, Insy Allah dia bisa berhasil," jelasnya.

Kesempatan Evan untuk menjalani program latihan di Spanyol sebenarnya bisa lebih lama 1 bulan. Hanya saja, karena ada beberapa halangan, jatah yang seharusnya 5 bulan, kini tersisa 4 bulan saja.[viva]