Monday, January 11, 2016

Indonesia Tak Punya Hak Suara di Ballon d'Or, Ini Alasannya


Seputar Timnas -  Indonesia dipastikan tidak bisa memberikan suara buat salah satu kandidat peraih trofi Ballon d'Or. Pihak FIFA memastikan Indonesia kehilangan haknya karena terkena sanksi.

Pemain Terbaik Dunia akan dinobatkan malam nanti dalam acara Gala Ballon d'Or. Guna menentukan siapa yang terhebat sepanjang 2015, 207 federasi sepakbola yang diwakili oleh kapten dan pelatih timnas serta perwakilan jurnalis akan diminta memberikan suara melalui voting.

Dalam voting nanti, mereka akan diminta mengurutkan tiga kandidat. FIFA dalam hal ini memberlakukan sistem poin, 5 untuk urutan teratas, lalu 3 untuk runner-up dan 1 buat yang ketiga.

Sayangnya, Indonesia sebagai salah satu negara dengan fans sepakbola terbesar tidak bisa ikut menentukan siapa yang terbaik antara Lionel Messi, Neymar atau Cristiano Ronaldo. Sesuai peraturan, Indonesia yang masih disanksi FIFA tidak boleh terlibat atau dilibatkan dalam segala kegiatan sepakbola, termasuk acara Ballon d'Or ini.

Selain Indonesia, negara yang juga dinyatakan kehilangan hak suaranya adalah Kuwait. FIFA diketahui menjatuhkan sanksi kepada mereka pada Oktober 2015 lalu, seperti dikutip laman resmi FIFA.[viva]