Thursday, January 7, 2016

Bali Siapkan 24 Hektar Untuk Bangun Stadion Bertaraf Internasional


Seputar Timnas -  Stadion bertaraf internasional bakal segera dibangun di Provinsi Bali. Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta menuturkan, saat ini wacana pembangunan stadion yang direncanakan di kawasan Pecatu itu akan segera terealisasi.

"DED (detail engineering design) dan FS-nya sudah selesai. Minggu depan saya bawa ke Jakarta," kata Sudikerta di Denpasar, Kamis, 7 Januari 2015.

Sudikerta mengaku telah menyiapkan lahan seluas 24 hektar. Di atas lahan seluas itu telah disiapkan enam hektar untuk membangun stadion yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Bali.

"Sisanya dimanfaatkan untuk berbagai fasilitas. Kita ingin buat seperti Singapura waktu dia buat untuk SEA Games kemarin. Lahan mereka hanya 30 hektar," ujarnya menambahkan.

Ia melanjutkan, diperlukan dana berkisar Rp2-3 triliun untuk membangun stadion dengan berbagai fasilitasnya yang serba bertaraf internasional tersebut.

"Dana yang dibutuhkan sekitar Rp2-3 triliun. Dananya dari pusat, dari APBN," katanya.

Jika tak ada aral melintang, Ketua DPD Partai Golkar Bali itu optimistis pembangunan stadion tersebut bisa dimulai tahun ini.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa dibangun. Dampak bagi pariwisata nantinya sangat besar. Hotel, transportasi dan lainnya akan hidup di sekitar kawasan stadion. Pariwista tidak cukup budaya saja. Ke depan, harus didukung sport tourism dan fasilitas penunjang lainnya."

Saat ini, Bali memiliki satu stadion bertaraf nasional yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta yang digunakan oleh Bali United ketika tampil di Indonesia Super League (ISL) atau turnamen lainnya.[viva]