Thursday, January 7, 2016

Agum Gumelar Pesimis FIFA Cabut Sanksi Indonesia


Seputar TimnasKetua Tim Ad-Hoc PSSI, Agum Gumelar, merasa pesimis konfederasi sepakbola dunia atau FIFA akan mencabut sanksi yang dijatuhkan kepada persepakbolaan Indonesia di kongresnya pada bulan Februari 2016 nanti.

Pasalnya, kata Agum Gumelar, komposisi Tim Ad-Hoc PSSI belum lengkap karena Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak mau mengirimkan perwakilannya. Padahal, FIFA menginstruksikan bahwa unsur pemerintah harus dilibatkan dalam komite tersebut.

“Seandainya yang kita dambakan pemerintah ikut bergabung (dengan Tim Ad-Hoc PSSI) ternyata tidak berhasil, ya kita tunggu keputusan FIFA,” ungkap Agum Gumelar di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Keputusan yang paling mungkin terjadi adalah kita akan kena suspension dari FIFA,” lanjut mantan Ketua Umum PSSI ini.

Sanksi skorsing tanpa batas waktu yang dijatuhkan FIFA kepada Indonesia sebenarnya bisa direvisi atau bahkan dicabut saat Komite Eksekutif (Exco) FIFA menggelar kongres pada bulan Februari 2016 nanti.

“Jika dilihat dari dinamika yang ada, mau tidak mau kami tetap tidak bisa lepas dari rencana FIFA menggelar kongres pada Februari 2016,” tutur Agum Gumelar.

“Kalau sampai kongres (FIFA) kami gagal menemukan solusi, kami khawatir FIFA akan mengukuhkan sanksi. Pencabutan sanksi itu hanya bisa dilakukan pada kongres FIFA saja yang diadakan satu tahun sekali,” imbuhnya.

Apabila sanksi FIFA tetap berlaku, maka Indonesia tidak boleh ikut ajang Asian Games 2018. Tak hanya itu, lanjut Agum Gumelar, Timnas Indonesia juga tetap dilarang mengikuti berbagai event resmi FIFA.[Sidomi]