Monday, November 2, 2015

Diterima Presiden Jokowi, FIFA Sepakat Bentuk Tim Kecil Tangani Sepakbola Indonesia


Seputar Timnas - Delegasi dari Federasi Sepakbola Internasional atau Federation of Footbal Association (FIFA) didampingi pejabat dari Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/11), guna mencari jalan keluar terhadap permasalahan sepakbola di tanah air.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang bersama Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa pertemuan tersebut berlangsung dalam suasana akrab dan konstruktif.

Dari hasil pertemuan tersebut, kata Menpora, telah disepekati bahwa dalam waktu dekat akan dibentuk tim kecil.  “Telah disepakati bahwa setelah ini akan dibentuk tim kecil untuk mem-follow up agar persoalan segera ada jalan keluarnya,” kata Imam kepada wartawan seusai pertemuan.

Delegasi FIFA yang bertemu dengan Presiden Jokowi itu terdiri atas Kohzo Tashima dari Jepang dan Pangeran Abdullah dari Malaysia. Sedang Komite Eksekutif AFC Mariano V. Araneta Jr. dari Filipina, yang didampingi  Direktur AFC, yakni James Johnson, Sanjeevan Balasingam, dan John Windsor.

Sebelum bertemu Presiden Jokowi, delegasi tersebut telah bertemu dengan pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mendiskusikan sanksi FIFA,  serta bagaimana proses pencabutan sanksi. PSSI  berharap pertemuan ini nantinya dapat menjadi titik awal pencerahan sepak bola Indonesia.

Selanjutnya delegasi FIFA akan bertemu dengan PT Liga Indonesia selaku operasi kompetisi sepakbola, perwakilan Asosiasi Provinsi (Asprov), media, dan APPI (Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia) pada Selasa (3/11).[setkab.go.id]