Wednesday, October 28, 2015

Tim Transisi Susun Draft Statuta, PSSI: Mending Pikirkin Cara Angkat Pembekuan


Seputar Timnas -  Keinginan Tim Transisi untuk mengubah draft statuta PSSI mendapatkan tanggapan dari Sekjen PSSI Azwan Karim. Menurutnya, Tim Transisi dan Pemerintah lebih baik memikirkan cara mengakhiri pembekuan sepakbola Indonesia oleh FIFA.

Menyusul diperpanjangnya masa tugas mereka oleh Menpora Imam Nahrawi, Tim Transisi langsung melakukan rapat perdana yang salah satu hasilnya adalah melakukan penyelesaian draft Statuta PSSI. Draft tersebut mereka susun berdasarkan prinsip pembenahan tata kelola organisasi sepakbola yang lebih profesional dan transparan. Pada saatnya, draft itu akan diuji publik untuk saling diperdebatkan.

Azwan pun angkat bicara. Ia mempertanyakan bagaimana datangnya draft Statuta tersebut, sementara, jika merunut pada aturan organisasi, draft statuta itu seharusnya merupakan masukan dari anggota PSSI atau internal federasi, dan disesuaikan dengan standar Statuta FIFA. Lalu, setelah draft tersebut jadi, federasi kemudian menyerahkan kepada FIFA untuk disetujui. Jika disetujui, selanjutnya akan disahkan dalam Kongres PSSI. 



"Sekarang bagaimana caranya bisa tiba-tiba draft sudah jadi. Lagipula, tidak mungkin juga draft yang dikirimkan oleh institusi (Tim Transisi) yang tidak dikenal FIFA akan diterima," katanya. 

Tak hanya itu, langkah yang dilakukan pemerintah melalui Tim Transisi justru menambah bukti baru bahwa ada intervensi dari pemerintah. Karena FIFA terus mengawasi perkembangan Indonesia dari pemberitaan media. 

"Bisa jadi posisi hukum sanksi yang saat ini masih ada di Exco Meeting kemungkinan bisa dibawa ke Kongres FIFA nanti. ‎Kalau sudah masuk kongres artinya keputusan untuk evaluasi suspend FIFA akan dilakukan tahunan. Jadi tidak akan sewaktu-waktu lagi, justru akan lebih menunggu lebih lama lagi," pungkasnya.

"Makanya sebenarnya effort pemerintah lebih baik jangan ke situ. Baiknya pikirkan jalan keluar supaya suspend dari FIFA biar segera dicabut," kata Azwan. [detiksport]