Thursday, September 10, 2015

Sepakbola Rusuh, Menpora Malaysia Tuntut Penjelasan FAM




Seputar Timnas - Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia antara Malaysia melawan Arab Saudi di Shah Alam Stadium dihentikan hanya beberapa menit sebelum laga benar-benar berakhir. Kerusuhan yang dibuat suporter jadi penyebabnya.

Tepat di menit 87, wasit memutuskan duel harus ditunda. Para pemain pun diperintahkan meninggalkan arena laga karena asap tebal menyelimuti akibat pendukung tuan rumah melempar kembang api ke lapangan. Saat itu, Arab Saudi dalam posisi unggul 2-1.

Mengamuknya suporter Malaysia diyakini karena kekecewaan terhadap performa timnasnya akhir-akhir ini. Tim Negeri Jiran diketahui berada di posisi buncit klasemen Grup A dan beberapa hari lalu mereka habis dibantai Uni Emirat Arab 0-10.

Bukan hanya membuat laga harus dihentikan, kabarnya suporter yang menamakan Ultras Malaya itu juga melakukan tindak penganiayaan kepada pendukung tim tamu di luar stadion. Sekitar 11 orang telah ditahan pihak berwajib atas kejadian ini.

Pihak FAM (Federasi Sepakbola Malaysia) belum mengeluarkan komentar resmi mengenai peristiwa ini. Menteri Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin, meminta pihak-pihak terkait, mulai dari FAM sampai kepolisian, segera memberikan penjelasan.

"Saya tak tahu apa motivasinya. Apakah itu Ultras Malaya atau suporter lain? Yang jelas FAM harusnya bisa merangkul mereka dan menyelesaikan masalah. Mereka sangat tidak senang sekarang," kata Khairy Jamaluddin.

"Saya tak paham bagaimana dengan ketatnya pengamanan di dalam dan luar stadion, barang-barang terlarang seperti itu masih bisa masuk. Mungkin polisi yang paling tepat untuk memberikan penjelasan," sambungnya. [viva]