Wednesday, September 30, 2015

Rencana Bertemu FIFA, Menpora Tak Jamin Akan Cabut SK Pembekuan PSSI

Rencana Bertemu FIFA, Menpora Tak Jamin Akan Cabut SK Pembekuan PSSI

Seputar Timnas -  Menpora akan membahas beberapa hal saat delegasi FIFA datang ke Indonesia bulan depan. Namun itu tak menjamin sanksi pembekuan pada PSSI akan dicabut.

Diberitakan sebelumnya, Imam Nahrawi menyebut bahwa Indonesia akan kedatangan perwakilan FIFA dalam waktu dekat. Kesempatan itu akan dimanfaatkan Imam untuk menceritakan permasalahan-permasalahan di sepakbola Indonesia.

Soal pembekuan federasi dipastikan akan jadi salah satu bahasan, termasuk soal status Persebaya yang pekan lalu perselisihannya tuntas menyusul keluarnya keputusan Kementrian Hukum dan HAM.

"Iya, tentu hasil putusan itu akan jadi bahan laporan kami juga saat pertemuan dengan FIFA nanti. Soal kenapa pembekuan PSSI itu kami lakukan karena federasi sangat sayang kepada dua anggotanya yaitu Persebaya dan Arema. Arema sudah clear, sekarang tinggal Persebaya. Tapi ternyata Persebaya diketahui ada persoalan ini. Berarti ada persoalan yang ditutupi oleh federasi," ucap Imam.

Meski begitu, Imam memastikan kalau pertemuan dengan FIFA nanti tak lantas membuat Menpora langsung mencabut Surat Pembekuan PSSI. 

"Belum tentu. Karena pemerintah akan buat persyaratan. Mereka (FIFA) harus investigasi detail, ambil tindakan tegas, dan beritahu pada pemerintah Indonesia bahwa FIFA betul-betul mendampingi keadaan ini, sampai betul-betul menghasilkan pengurus kredibel dan memberi harapan bagi sepakbola Indonesia,” katanya.

“Terkait pemerintah akan mendorong FIFA untuk mencabut sanksi dengan klausul yang dirubah? Ya tentu kalau FIFA meminta kepada pemerintah untuk mencabut pembekuan tentu akan kami pertimbangkan lebih lanjut. Itu bisa dilakukan asal sekian prasyarat yang diberikan pemerintah dalam rangka reformasi tata kelola ini harus dipenuhi juga dengan FIFA,” tandas dia.[detik]