Friday, August 14, 2015

Tim Transisi: Piala Kemerdekaan Dibuka Presiden dan Menko PMK


Seputar Timnas - Tim Transisi menyatakan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi akan hadir pada prosesi pembukaan turnamen Piala Kemerdekaan yang akan dimulai Sabtu (15/8) sore di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten.

"Besok Kick Off dibuka oleh Presiden, Menko PMK, dan Menpora pukul empat sore di Serang," kata anggota Tim Transisi, Saut Sirait (14/8).

Turnamen sepak bola tersebut merupakan ajang yang diprakarsai oleh Tim Transisi yang diusung oleh Kemenpora. Pada 11 Agustus 2015, BOPI telah mengeluarkan rekomendasi untuk penyelenggaraan ajang tersebut dengan PT Cataluna Sportindo bertindak sebagai panitia nasional.

Saut menyampaikan bahwa hingga saat ini, persiapan jelang pertandingan berjalan lancar dari mulai perangkat pertandingan hingga wasit. Hal tersebut juga dibenarkan oleh anggota Tim Transisi lainnya, Zuhairi Misrawi. "Sejauh ini lancar dan tidak ada kendala," ucap Zuhairi singkat.

Piala Kemerdekaan akan menandai kembali bergulirnya kompetisi sepak bola Indonesia setelah terhenti sejak Februari lalu. Setelah Piala Kemerdekaan, satu turnamen lain akan segera digelar, yaitu Piala Presiden yang digagas oleh Mahaka Sports.

Saat ini, Piala Presiden memiliki 16 klub sebagai peserta dan akan dimulai pada 30 Agustus mendatang. Menurut CEO Mahaka Sports, Hasani Abdulgani, turnamen tersebut akan memakan biaya Rp 40 miliar rupiah dan hingga (13/8) nyaris telah tertutupi seluruh dananya.

Tahapan selanjutnya yang sedang disiapkan Mahaka, setelah mengirimkan regulasi kepada klub peserta, adalah bertemu dengan BOPI untuk meminta rekomendasi penyelenggaraan turnamen.

"Seharusnya kami dijadwalkan bertemu hari Jumat (14/8), tapi mereka tunda ke Selasa depan (18/8). Kami akan ketemu BOPI, di situ kami akan coba presentasi semua regulasi ini, untuk mereka bisa mengeluarkan rekomendasi," kata Hasani saat ditemui di kantor Mahaka Sports pada Kamis (13/8)

"Pihak kepolisian hanya menunggu rekomendasi dari BOPI. Kalau dapat rekomendasi dari BOPI, pihak kepolisian sudah welcome."

Selain keduanya, PT Liga Indonesia pun membidik untuk menjalankan Piala Proklamasi yang akan mempertemukan Persib Bandung sebagai juara Liga Super Indonesia 2014 dan Arema Cronus sebagai juara Inter Island Cup 2014. CEO PT Liga, Joko Driyono, menyatakan bahwa Piala Proklamasi akan digelar pada 22 Agustus mendatang.[cnnindonesia]

Jadwal Pertandingan Piala Kemerdekaan Sabtu, 15 Agustus 2015

Grup A
Persires vs Ps. Kwarta, Pukul 15.00-17.00, di Stadion Teladan, Medan.
PSMS Medan vs Persitara Jakarta Utara, Pukul 18.30-20.30, di Stadion Teladan, Medan.

Grup B :
Perserang vs Persidago, Pukul 15.00-17.00, di Stadion Maulana Yusuf, Serang.
Mojokerto Putra vs Cilegon United, Pukul 15.00-17.00, di Stadion Krakatau Steel, Cilegon.

Grup C:
Persis Solo VS PPSM Magelang, Pukul 18.30 - 20.30, Manahan, Solo
PSIR Rembang VS Persiba Bantul, Pukul 15.00 ñ 17.00 , Sultan Agung, Bantul.

Grup D:
Madiun Putra VS Persekap Pasuruan, Pukul 15.00 - 17.00 Wilis, Madiun
PSS Sleman VS Persepam MU, Pukul 18.30 - 20.30, Wilis, Madiun