Monday, August 10, 2015

Ranking Dunia Timnas Indonesia Ada di Bawah Timor Leste

 

Seputar Timnas -  Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi harus berkaca jika melihat peringkat dunia Timnas Indonesia yang anjlok di ranking FIFA. Sungguh memalukan, dari data terbaru FIFA per 6 Agustus 2015, peringkat Indonesia terus terjun bebas ke ranking 165 dunia. 

Yang lebih miris, posisi Indonesia di bawah Timor Leste, negara yang dahulu adalah bagian provinsi di Indonesia. Dari daftar ranking FIFA, Timor Leste naik dua setrip di posisi 163 dunia dengan total poin 130,44. Sementara Indonesia turun satu tingkat ke posisi 165 dunia dengan nilai 124,36. 

Suka atau tidak suka, parameter anjloknya posisi Indonesia dipengaruhi sanksi FIFA atas intervensi Kemenpora yang membekukan PSSI pada 17 April 2015. Akibat sanksi itu, Timnas Indonesia baik junior dan senior tidak boleh beraktifitas di dunia internasional sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. 


Dengan absen di pertandingan internasional, Timnas Indonesia tidak mendapat tambahan poin. Jika sanksi FIFA belum dicabut dan Timnas Indonesia tidak bertanding di level internasional, bisa dipastikan seterusnya posisi Indonesia makin terpuruk.

Peringkat Timnas Indonesia sedikit lebih baik dibandingkan musuh bebuyutan, Malaysia yang terpuruk di peringkat 168 dunia. Sedangkan Brunei Darussalam menjadi yang terburuk di kawasan Asia Tenggara dengan terkunci di posisi 183 dunia dari total 208 negara anggota FIFA.

Timnas Filipina masih mempertahankan posisinya sebagai yang teratas di kawasan ASEAN dengan menempati peringkat 125 dunia diikuti Thailand (139 dunia), Vietnam (153), Singapura (155), dan Myanmar (162). [sindonews]