Monday, August 10, 2015

Pieter Huistra: Timnas Indonesia Butuh Pelatih Cerdas!


Seputar Timnas - Direktur Teknik PSSI, Pieter Huistra, menilai keterpurukan yang dialami Timnas Indonesia selama ini disebabkan karena payahnya pembinaan pemain. Tak hanya itu, menurut pria asal Belanda ini, Timnas Indonesia juga membutuhkan sosok pelatih yang cerdas jika tim Merah Putih ingin berprestasi.

“Pembinaan pemain yang ada di Indonesia memang tidak berjalan dengan baik,” sebut Pieter Huistra beberapa waktu lalu.

“Indonesia membutuhkan pelatih yang cerdas. Selain itu, masalah utama pemain Indonesia adalah motivasi bermain,” lanjut mantan pemain tim nasional Belanda yang pernah memperkuat Groningen, Twente, dan klub raksasa Skotlandia, Glasgow Rangers, ini.

“Sejak kecil dibutuhkan pelatih yang bisa memberikan pengetahuan secara luas mengenai sepak bola dengan baik. Baik soal taktik atau strategi kepada pemain,” tambah Pieter Huistra melanjutkan.

Selain itu, Pieter Huistra juga menyoroti sarana dan prasarana sepakbola di Indonesia yang sangat jauh tertinggal dari negara-negara lain. Eks asisten pelatih Ajax Amsterdam ini berharap, kondisi yang seperti itu bisa diatasi secepatnya demi kemajuan sepakbola Indonesia.

“Saya tahu fasilitas olahraga di sini tidak berkembang. Anda harus mengembangkan fasilitas olahraga jika ingin meraih prestasi,” tandas Pieter Huistra.

Pieter Huistra sendiri sejatinya ditunjuk PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia senior. Namun, pria 48 tahun ini belum sempat menunaikan tugasnya karena persepakbolaan Indonesia keburu dijatuhi sanksi skorsing oleh konfederasi sepakbola dunia atau FIFA.[Sidomi]