Thursday, August 27, 2015

BOPI: Simbol PSSI Tak Boleh Muncul di Piala Presiden


Seputar Timnas - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) melarang promotor Piala Presiden, Mahaka Sports and Entertainment memakai simbol dan atribut PSSI selama turnamen digelar.

Jika Mahaka melanggarnya, BOPI siap memblack list EO milik pengusaha Erick Thohir tersebut.

“Kalau bandel, Mahaka ya di-black list. Mereka tak boleh melibatkan PSSI dan atribut PSSI karena organisasi PSSI masih dibekukan,” kata Sekjen BOPI Heru Nugroho di Jakarta, Rabu (26/8).

Sebelum mengeluarkan rekomendasi, BOPI sudah didatangi Mahaka. Menurut dia, pihak Mahaka sudah sepakat jika turnamen Piala Presiden digelar secara independen tanpa campur tangan PSSI.

“Kami akan kirim surat ke Mahaka lagi supaya mereka komitmen dengan ucapannya sendiri. Intinya, tidak boleh pakai atribut dan simbol PSSI selama turnamen. Kami juga yakin Mahaka tak ingin terlibat konflik,” jelasnya.

Terkait penugasan wasit dan perangkat pertandingan lainnya, lanjut Heru, pihaknya sudah mendapat laporan dari Mahaka bahwa mereka bukan delegasi PSSI.

Menurut Heru, wasit yang ditugaskan memimpin turnamen telah dikontrak Mahaka secara profesional.

“Seragam yang dipakai wasit juga tak boleh ada simbol PSSI, tapi kalau FIFA masih boleh lah. Mahaka juga sudah membentuk Komisi Disiplin (Komdis), Komisi Wasit dan Komisi Banding yang bertugas menangani jika ada kasus,” terangnya.[suara merdeka]