Wednesday, August 12, 2015

6 Fakta Unik Tentang Klub Evan Dimas di Spanyol


Seputar Timnas - Pesepakbola Indonesia, Evan Dimas Darmono, tengah menjalani trial bersama klub Spanyol, UE Llagostera. Evan tiba di Spanyol pada Senin dan langsung merapat ke markas Llagostera di Palamos. Pemuda 20 tahun tersebut langsung menjalani sesi latihan.

Tak banyak yang mengenal Llagostera. Meski berasal dari wilayah Catalunya, klub ini masih kalah pamor dari Barcelona dan Espanyol. Namun, ada beberapa fakta menarik yang bisa digali dari klub kecil ini. 


Berikut 6 fakta menarik mengenai Llagostera:

1. Kota kecil di Catalonia
Llagostera merupakan tim yang terletak di Llagostera, Girona di wilayah otonomi Catalonia. Llagostera tercatat sebagai klub yang  berasal dari kota terkecil yang pernah tampil di dua divisi teratas Spanyol.

2. Terusir dari stadion sendiri
Llagostera sebenarnya bermarkas di Estadi Municipal de Llagostera yang berkapasitas 1.500 tempat duduk. Sayang, stadion ini tak memenuhi kriteria standar Federasi Sepakbola Spanyol (FLP). Untuk 5 musim ke depan, mereka terpaksa mengungsi ke  Estadi Palamós Costa Brava, yang terletak 30 km dari Llagostera. Stadion ini bisa menampung  5.842 penonton.

3. Empat kali ganti nama
Didirikan pada 1947, Llagostera ternyata sempat empat kali ganti nama. Pertama didirikan dengan nama Unión Deportiva Llagostera, klub ini sempat menggunakan nama  Club de Fútbol Llagostera, Unión Deportiva Llagostera, hingga kini menjadi Unió Esportiva Llagostera.

4. Punya koleksi tiga trofi
Sepanjang sejarah klub, Llagostera sempat tiga gali menjadi juara. Gelar yang mereka raih adalah Primera Territorial (Divisi VII) 2005-06, Tercera División Grup 5 2010-11 (Divisi IV), dan Segunda División B (Divisi III) grup 3 2013-14.

5. Perjalanan panjang naik divisi
Setelah bertahun tahun tampil di divisi regional, Llagostera akhirnya tampil di divisi nasional Divisi IX pada 1997-98. Mereka lalu naik ke Divisi VIII dan bertahan hingga 8 musim. Perlahan namun pasti, Llagostera terus naik hingga berhak tampil di Segunda Division (Divisi II) musim 2014-15 lalu. Di musim perdananya di Segunda Division, mereka menempati peringkat 9.

6. Sejarah di Copa del Rey
Musim 2012-13, Llagostera mencatat sejarah di Copa del Rey. Mereka sukses menembus 32 besar, yang menjadi catatan terbaik sepanjang sejarah. Sayang, mereka harus berjumpa raksasa La Liga, Valencia. Llagostera pun tumbang 1-5 secara agregat (kalah 0-2 dan 1-3).[viva]