Thursday, July 2, 2015

Indra Sjafri: Saya Pensiun Jika PSSI & FIFA Merasa Lebih Berkuasa Dari Pada Negara

Indra Sjafri: Saya Pensiun Jika PSSI & FIFA Merasa Lebih Berkuasa Dari Pada Negara

Seputar Timnas - Indra Sjafri melancarkan kritikan penuh nyali kepada PSSI yang dinilainya kerap bersikap merasa paling berkuasa melebihi kewenangan pemerintah. Pelatih Bali United Pusam itu bahkan menyatakan akan pensiun dari sepakbola jika PSSI selalu mau menang sendiri dan merasa berhak menentang negara atas nama FIFA.

“Jangan dilemahkan negara kita. Kalau negara kalah, saya katakan akan berhenti melatih sepak bola,” tandas Indra Sjafri beberapa waktu lalu.

”PSSI itu kan hanya bagian kecil dari negara, PKI (Partai Komunis Indonesia) juga dulu berkuasa, tapi tetap dibubarin orang. Dia (PSSI) tidak bisa selesaikan masalah mereka sendiri dengan pemerintah lalu paksa kita ikuti mereka, itu urusan dia sendiri,” tukas pelatih asal Sumatera Barat yang sukses mengorbitkan cukup banyak pemain muda nasional ini.

Mantan pelatih Timnas Indonesia U19 ini pun mendukung langkah-langkah tegas yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi untuk membenahi sepakbola nasional, termasuk dengan membekukan PSSI kendati berdampak pada sanksi FIFA.

Indra Sjafri menegaskan bahwa martabat dan harga diri bangsa seharusnya ditempatkan di posisi yang jauh lebih tinggi daripada harus takluk kepada FIFA jika konfederasi sepakbola dunia tersebut tidak menghargai nilai-nilai kebangsaan bangsa Indonesia.

“Kemarin saya bertemu dengan Menpora. Katanya, kalau jadi, FIFA akan ke Indonesia. Saya bilang, FIFA mau nggak mengakomodir nilai-nilai kebangsaan kita? Kalau tidak, ngapain, masak kita mau diatur sama FIFA,” tegas Indra Sjafri.[sidomi]