Wednesday, June 10, 2015

Trik Pelatih Timnas U-23 Indonesia Bikin Bingung Singapura


Seputar Timnas - Penampilan ciamik Evan Dimas bersama timnas Indonesia U-23 saat mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di SEA Games XXVIII Singapura, menuai decak kagum dari sejumlah kalangan. Namun ada segelintir pertanyaan mengapa pelatih Aji Santoso mengubah komposisi pemain di paruh kedua, yang bisa dikatakan sangat membahayakan peluang Garuda Muda di ajang multi event ini. 

Kedua kalinya timnas U-23 dalam ajang SEA Games 2015 sukses meraih kemenangan. Bertanding di Stadion Jalan Besar Singapura, Selasa (9/6/2015) malam, Indonesia berhasil menang 2-0. Dan aktor dibalik semua gol skuat Garuda Muda adalah Evan Dimas.

Padahal sempat ada keraguan di awal laga saat melihat komposisi pemain. Namun penampilan skuat asuhan Aji Santoso tetap tampil baik di babak pertama dan patut diacungi jempol, tapi tidak di babak kedua.

Meski begitu, diakui oleh asisten pelatih Timnas U-23, Mustaqim, timnya sangat butuh tiga poin dalam pertandingan tersebut dan pemain melakukan pekerjaannya. Untuk selanjutnya, tim sudah siap menghadapi lawan kuat, tuan rumah Singapura.

"Kami mengistirahatkan beberapa pemain dari awal permainan dan setelah unggul dua gol, kami membuat beberapa perubahan dalam tim untuk memastikan bahwa pemain bisa beristirahat yang cukup untuk pertandingan melawan Singapura nanti," ungkap Mustaqim seperti dikutip situs resmi PSSI, Rabu (10/6/2015). 

Mengenai kehilangan ritme pertandingan di paruh kedua, Mustaqim menjelaskan ini bukan karena cedera. Melainkan tim tidak ingin kehilangan sejumlah penggawanya saat menghadapi Singapura di laga penentu pada 11 Juni mendatang. Sehingga, lanjutnya, pelatih menurunkan pemain andalannya agar kondisi fisiknya tetap bugar. 

"Ya, kami kehilangan bentuk permainan di babak kedua tetapi bukan karena cedera. Malam ini kita hanya membutuhkan tiga poin dan terlepas dari segala sesuatunya, pemain sudah mengerjakan tugasnya. Yang penting sekarang kita akan mempersiapkan tim untuk melawan Singapura."

Mustaqim memberikan sedikit gurauan ketika ditanya mengenai tim yang tampil dengan komposisi pemain yang jauh berbeda kala melibas Kamboja. "Kami tidak bermain dengan line-up biasa saat kami benamkan Kamboja dan lebih memilih mengistirahatkan mereka semata-mata hanya ingin membingungkan pelatih Singapura menonton permainan kami dari tribun," gurau Mustaqim.

Berikutnya, Timnas U-23 akan melawan tuan rumah Singapura hari Kamis, tanggal 11 Juni 2015. Timnas hanya butuh hasil seri saat melawan Singapura untuk mengamankan langkahnya ke babak semifinal.[sindonews]