Tuesday, June 2, 2015

Timnas Indonesia U-23 Pernah Hadirkan Mimpi Buruk Bagi Myanmar

Timnas Indonesia U-23 Pernah Hadirkan Mimpi Buruk Bagi Myanmar

Seputar Timnas - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 akan menghadapi Myanmar pada babak penyisihan Grup A SEA Games 2015, Selasa, 2 Juni 2015. Tim berjuluk White Angles tersebut bukanlah lawan baru bagi Garuda Muda.

Sejak SEA Games 2001, kedua tim setidaknya sudah bertemu lima kali. Myanmar memang lebih unggul dibanding Indonesia dengan dua kemenangan yakni pada SEA Games 2001 (1-0) dan SEA Games 2009 (3-1). Sedangkan dua laga lainnya berakhir imbang tanpa gol yakni pada SEA Games 2003 dan 2007.

Indonesia baru menang saat kedua tim bertemu di SEA Games 2013. Saat itu, Myanmar tampil sebagai tuan rumah. Sempat terseok-seok di awal babak penyisihan, Indonesia justru mampu menghadirikan mimpi buruk bagi Myanmar.

Indonesia mengalahkan Myanmar 1-0 di laga terakhir penyisihan grup.  Alfin Tuasalamony menjadi pahawal kemenangan Indonesia kala itu. Gol semata wayangnya dari titik putih menit ke-36 bertahan hingga pertandingan usai.

Kekalahan ini sangat menyesakkan Myanmar. Pasalnya, mereka yang tampil memukau sejak awal babak penyisihan gagal menembus semifinal. Tambahan 3 poin membuat Indonesia dan Myanmar sama-sama mengantongi 7 poin.

Myanmar awalnya tidak sadar harus tersingkir. Sebab mereka mengkoleksi 7 gol, berbanding jauh dari Indonesia yang hanya mengoleksi 3 gol. Namun, babak penyisihan grup berformat head-to-head, bukan sistem produktivitas gol. Alhasil, Indonesia lah yang berhak melaju ke babak berikutnya.

Publik Myanmar marah. Kericuhan bahkan sempat pecah setelah pertandingan. Timnas U-23 bahkan harus menunggu beberapa jam terkurung di dalam Thuwunna Youth Training Centre Stadium menunggu jalanan kembali aman. 

Para pemain Garuda Muda juga awalnya tidak mengetahui sistem penilaian yang digunakan. Mereka juga sempat berpikir bahwa, mereka harus menang besar atas Myanmar. Namun saat mengetahui mengenai aturan head to head, mental para pemain meningkat dan tampil memukau lawan Myanmar. 

Sayang Alfin tidak akan bermain saat Indonesia bertemu Singapura di Stadion Jalan Besar, malam ini. Pemain Persija Jakarta itu harus absen karena cedera usai ditabrak mobil di Jakarta. 

Meski Myanmar akan menjadi lawan perdana Timnas U-23 di SEA Games tahun ini, namun beban yang dirasakan pasukan Aji Santoso tak kalah beratnya. Di tengah tuntutan target emas yang dibebankan di pundak para pemain juga dibuat gundah dengan terbitnya sanski FIFA terhadap Indonesia. Myanmar ibarat menjadi ujian perdana yang harus dihadapi Timnas U-23 di tengah badai.

Meski demikian, jauh hari sebelum sanksi turun, Pelatih Aji Santoso telah mengingatkan para pemainnya. "Para pemain telah diberitahu agar meletakkan masalah itu di luar lapangan. Saya tahu itu adalah isu besar, namun kami telah meletakkan segalanya  dalam perspektif," kata Aji di situs AFF baru-baru ini. [viva]

5 Laga Terakhir Indonesia U-23 Vs Myanmar:
SEA Games 2001 Perebutan medali perunggu
Myanmar 1-0 Indonesia

SEA Games 2003 babak penyisihan
Myanmar 0-0 Indonesia

SEA Games 2007 babak penyisihan
Myanmar 0-0 Indonesia

SEA Games 2009 babak penyisihan
Myanmar 3-1 Indonesia

SEA Games 2013 babak penyisihan
Myanmar 0-1 Indonesia