Monday, June 15, 2015

Kontrak Habis, Aji Santoso Mundur dan Pilih Latih SSB

Kontrak Habis, Aji Santoso Mundur dan Pilih Latih SSB

Seputar Timnas - Masa kerja kontrak Aji Santoso sebagai pelatih timnas U-23 berakhir setelah Indonesia gagal meraih medali emas di SEA Games 2015. Aji memilih pulang ke kampung halamannya dan fokus dengan SSB (Sekolah Sepakbola) yang didirikannya di Malang.

Ya, Aji memang dikontrak oleh PSSI hingga SEA Games 2015. Namun target yang dicanangkan oleh federasi sepakbola nasional itu, yakni menyabet medali emas, tak tercapai. Setelah dikandaskan Thailand di babak semifinal, Indonesia dikalahkan Vietnam pada perebutan tempat ketiga. Pada kedua laga tersebut, Indonesia sama-sama kalah 0-5.

Aji mengungkapkan, dirinya sudah ambil ancang-ancang setelah pulang dari SEA Games 2015. Dia ingin fokus mengurus SSB miliknya yang bernama ASIFA (Aji Santoso International Football Academy) di Malang.

"Kontrak saya memang sudah habis setelah SEA Games ini. Jadi saya akan pulang ke Malang dan fokus di akademi sepakbola milik saya," ujar Aji.

"Saya akan berusaha untuk membentuk bibit-bibit masa depan di sana. Yang jelas saya bertanggung jawab penuh atas hasil di SEA Games ini. Mungkin saya akan memberikan kesempatan pada pelatih lain."

Aji pertama kali ditunjuk oleh PSSI sebagai caretaker menggantikan Wim Rijsbergen di Pra-Piala Dunia 2014. Namun sial bagi Aji, dia gagal unjuk taji sebagai pelatih setelah timnya kalah telak 0-10 dari Bahrain.

Kekalahan tersebut menjadi kekalahan terbesar sepanjang sejarah timnas Indonesia di kancah internasional. Pada prosesnya, Aji kemudian dipercaya kembali untuk menangani timnas U-23 di Asian Games, Incheon, pada September tahun lalu.

Indonesia mengawalinya dengan hasil meyakinkan dengan mengalahkan Timor Leste (7-0) dan Maladewa (4-0). Namun, di babak 16 besar Indonesia kalah 1-4 dari Korea Utara. Kekalahan tersebut berlanjut dengan kekalahan lainnya, di mana Indonesia kalah 0-6 dari Thailand.

Hasil buruk juga sempat didapatkan timnas U-22 yang dibesut Aji saat menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 pada Maret lalu. Pada laga terakhir melawan Korea Selatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, di mana Evan Dimas dkk. takluk 0-4.[detik]