Monday, June 15, 2015

Jelang Lawan Vietnam, Faktor Kelelahan Hantui Pemain Timnas U-23

Jelang Lawan Vietnam, Faktor Kelelahan Hantui Pemain Timnas U-23

Seputar Timnas - Usai kekalahan telak 0-5 dari Thailand, Timnas U-23 Indonesia dihantui oleh faktor kelelahan para pemainnya. Tim Garuda Muda akan berhadapan dengan Vietnam untuk memperebutkan medali perunggu di ajang SEA Games 2015.

Evan Dimas cs harus mengubur mimpinya tampil di partai puncak SEA Games 2015. Pasukan Aji Santoso dibekap Thailand dengan skor telak 0-5 di babak semifinal kemarin.

Meski demikian, Timnas U-23 Indonesia masih berpeluang mempersembahkan medali perunggu, andai mampu mengalahkan Vietnam di laga esok.

Kekalahan telak dari Thailand di laga kemarin, dikomentari Aji Santoso sebagai dampak dari kelelahan pemain. Timnas U-23 Indonesia hanya beristirahat 1 hari usai berhadapan dengan Singapura di laga terakhir fase Grup.

"Saya akui anak-anak tak bisa main sepanjang 90 menit. Sejak awal, saya memang sudah menyadarinya. Waktu istirahat kami cuma sehari dan itu tak cukup," tutur Aji usai pertandingan kemarin.

Permasalahan ini sepertinya masih akan menghinggapi Evan Dimas cs, jelang laga kontra Vietnam esok. Apalagi Vietnam memiliki karakter dan kecepatan permainan yang hampir sama dengan Thailand.

Melihat peluang Timnas U-23 dalam laga esok, mantan pelatih Timnas U-23, Rahmad Darmawan juga melontarkan hal yang sama dengan Aji Santoso. Menurutnya, Indonesia akan bisa mengimbangi permainan Vietnam jika mampu keluar dari masalah kelelelahannya.

"Yang pasti kita kalah stamina akibat recovery yang hanya 1 hari, sedangkan Thailand 2 hari. Itu jelas mempengaruhi semua elemen teknis dan non-teknis, sehingga semua lini tidak berjalan dengan baik," ujar RD saat dihubungi Viva.co.id.

"Kalau Recovery berjalan baik maka pertandingan lawan Vietnam akan berjalan ketat. Tapi, andai masih dengan masalah yang sama kita akan kesulitan, meskipun segala sesuatu masih bisa terjadi," imbuhnya.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman melihat peluang yang sangat kecil Timnas U-23 bisa mengalahkan Vietnam. 

"Vietnam punya level hampir sama dengan Thailand. Coach Aji harus yakin dengan rotasi pemain yang bisa dilakukan. Butuh kerja keras dan strategi yang pas jika ingin menang. Kita masih punya peluang tapi cukup berat," kata Djadjang.[viva]