Monday, June 15, 2015

Ini Alasan Aji Santoso Soal Kekalahan Telak Timnas U-23 di SEA Games

Ini Alasan Aji Santoso Soal Kekalahan Telak Timnas U-23 di SEA Games

Seputar Timnas - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Aji Santoso menyatakan tekanan berat dan waktu pemulihan yang kurang menjadi penyebab tim asuhannya mengalami kekalahan telak saat menghadapi Vietnam U-23 dalam perebutan peringkat ketiga cabang sepakbola SEA Games 2015, Senin (14/6). Dalam pertandingan di Stadion Kallang, Singapura ini, Manahati Lestusen dan kawan-kawan menyerah 0-5.

"Pertandingan lawan Vietnam cukup berat, kami sudah berusaha membangkitkan semangat pemain pascakekalahan dari Thailand, namun tidak berhasil. Pemain dalam tekanan berat dalam laga ini," kata Aji Santoso di Singapura, Senin.

Ia menyebutkan upaya pemulihan fisik maupun mental pemain dilakukan secara maksimal dalam waktu sehari namun belum cukup untuk mengembalikan kondisi terbaik dari pasukannya pada laga itu.

Menurut Aji kebugaran pemainnya menjadi kendala. Sama seperti pada saat pertandingan melawan Thailand, Sabtu (13/6) lalu, para pemainnya tidak bisa mengimbangi lawan yang memiliki masa pemulihan fisik lebih lama.

Di sisi lain dampak hukuman dari FIFA terhadap Indonesia juga berpengaruh kepada para pemain karena para pemain bingung pasca-SEA Games 2015 nanti.

"Kondisi kisruh sepakbola di tanah air dan suspend FIFA juga berpengaruh bagi mental pemain. Mereka bingung hendak ke mana setelah SEA Games. Meski kami sudah minta untuk fokus kondisi itu jelas sangat mempengaruhi mental pemain," kata Aji.

Terkait pertandingan melawan Vietnam, ia mengakui tim itu bermain bagus dan memiliki persiapan yang panjang sebelum berlaga ke SEA Games 2015.

"Vietnam bermain bagus, dan harus diakui mereka bisa menekan dengan efektif. Kami sudah mencoba mengimbangi namun gol pertama lahir terlalu cepat sehingga menjadi beban bagi tim. Kita terlalu banyak kebobolan di babak pertama sehingga sulit bangkit," kata Aji.

Namun secara tegas, ia menyatakan bertanggung jawab atas kegagalan pada ajang SEA Games 2015 sekaligus atas kekalahan telak dari Thailand dan Vietnam masing-masing dengan skor 0-5.

"Saya bertanggung jawab atas hasil yang kami raih di SEA Games 2015 ini, pemain sudah melakukan yang terbaik dalam saya rasa sudah maksimal pada kondisi persepakbolaan di Tanah Air yang sedang tidak baik," katanya.

Lebih lanjut Aji menyebutkan, ia sudah melakukan rotasi pemain untuk menjaga kondisi tim agar tetap bugar dan mengimbangi Vietnam, namun tetap tidak efektif. Pada laga itu Aji Santoso tidak menurunkan Evan Dimas yang kondisinya kurang bugar.

"Rotasi pemain sudah kami lakukan namun hasilnya belum maksimal. Masuknya Yandi Sofyan Munawar dan Ilham Udin Armaiyn memberi sedikit tekanan kepada Vietnam, namun belum cukup untuk mencetak gol," kata Aji Santoso menambahkan.[beritasatu]