Saturday, June 6, 2015

Indonesia Dijatuhi Sanksi FIFA, BOPI Lepas Tangan

Indonesia Dijatuhi Sanksi FIFA, BOPI Lepas Tangan

Seputar Timnas - Sanksi FIFA telah dijatuhkan kepada Indonesia, yang berdampak pada berhentinya aktivitas sepakbola Indonesia di ajang internasional. Terbaru, Persipura Jayapura memilih bubar karena dipastikan tak bisa melanjutkan kiprah di AFC Cup.

Masalah berawal dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang tak merekomendasikan Persebaya Surabaya dan Arema Cronus untuk ambil bagian di QNB League 2015. Dan itu berujung dengan dibekukannya PSSI oleh Kemenpora.

Tapi, di saat sanksi FIFA turun, BOPI tak bisa berbuat banyak. Mereka mengatakan bukan dalam posisi membujuk Kemenpora agar mencabut pembekuan PSSI. Padahal, dicabutnya pembekuan menjadi salah satu syarat agar Indonesia terbebas dari sanksi.

"Proses hukum mencabut sanksi dari FIFA itu bukan urusan BOPI, itu urusannya pemerintah. Mestinya kan PSSI yang berusaha mengatasinya sendiri, tapi ternyata (PSSI) enggak bisa," kata Ketua Umum BOPI Noor Aman, di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 6 Juni 2015.

Noor Aman sendiri berpendapat, dengan adanya sanksi dari FIFA, sepakbola di Indonesia masih tetap bisa berjalan. Dia mengatakan masih ada turnamen-turnamen kecil yang bisa diikuti oleh banyak klub di Indonesia.

"Yang penting bola akan tetap bergulir. Yakinlah bahwa bola itu bundar dan masih tetap bergulir," kata pria yang merupakan mantan gubernur Akademi Militer tersebut.

Sementara itu, wakil Ketua Komisi X DPR RI Ridwan Hisyam sangat berharap Menpora Imam Nahrawi bisa memenuhi undangan rapat ke DPR. Nantinya, diharapkan bakal ada titik temu terkait kisruh persepakbolaan Indonesia.[viva]