Saturday, May 30, 2015

Pengamat: Sanksi FIFA Jadi Pelajaran Bagi Petinggi Sepak Bola Indonesia


Seputar Timnas - Otoritas tertinggi sepak bola dunia (FIFA) sudah memberikan sanksi kepada Indonesia sampai waktu yang tidak ditentukan. Akibat sanksi tersebut, timnas dan klub Indonesia dilarang mengikuti turnamen internasional.

Keputusan ini tidak terlepas dar kisruh yang terjadi pada sepak bola tanah air. FIFA menilai pemerintah (Kemenpora) mengintervensi PSSI.

Menanggapi situasi itu, pengamat sepak bola Indonesia Ronny Pangemanan memberikan komentarnya. Menurutnya, sanksi ini bisa jadi pelajaran bagi Indonesia.

"Semoga dengan sanksi ini bisa jadi pelajaran penting bagi petinggi sepakbola di negeri ini. Bahwa tameng statuta FiFA yang sering ditakut-takuti jika Pemerintah melakukan intevensi, benar terjadi dengan munculnya sanksi untuk Indonesia. Artinya PSSI tak bisa lagi keras kepala untuk tidak mengindahkan teguran dan keinginan pemerintah untuk membersihkan kotoran yang ada di tubuh PSSI,"tutur Ronny Pangemanan, Sabtu (30/5/2015).

Pria berdarah Manado itu juga mengatakan, Kemenpora dan PSSI harus duduk bersama untuk mencari solusi terbaik sepak bola Indonesia.

"Jalan terbaik dengan kejadian ini, demi menyelamatkan nasib banyak orang, Kemenpora dan PSSI harus duduk bersama cari solusi agar FIFA mencabut sanksinya. Harus buang ego dan melihat jauh ke depan untuk Indonesia yang lebih baik. Semua bisa diatasi bila kedua belah pihak islah,"urainya.

Meski sanksi sudah dijatuhi kepada Indonesia, FIFA tetap memberikan izin kepada Timnas Indonesia mengikuti ajang SEA Games di Singapura. [metrotv]