Wednesday, May 27, 2015

Mereka Yang Luput Dari Pantauan Timnas


Seputar Timnas - Empat pemain asal Indonesia yang berkarier di mancanegara mulai mampu menunjukkan eksistensi, dengan mampu diperhitungkan untuk mendapat kesempatan bermain lebih banyak bersama skuat utama.

Seperti diketahui, sebelumnya Goal Indonesia sempat membahas mengenai catatan statistik empat nama tersebut, yakni Andik Vermansah, Sergio van Dijk, Irfan Bachdim dan Arthur Irawan dalam kiprah mereka bersama klub masing-masing musim ini.

Menilik pencapaian sejauh ini, banyak pendapat yang menilai kehadiran mereka akan mampu menjadi tambahan berharga bagi skuat nasional Indonesia di pentas internasional, terlebih dengan ajang kualifikasi menuju Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019 yang kiat mendekat.

Hanya saja, praktis sejak keempat pemain tersebut memutuskan untuk merumput di luar negeri, seakan 'luput' dari pantauan dari sejumlah pelatih yang menangani timnas. Memang ada banyak faktor yang melatarbelakangi hal itu.

Irfan merupakan sosok yang mendapat kesempatan terbanyak dibandingkan rekan-rekannya untuk mendapat panggilan memperkuat skuat Garuda. Sejak hijrah ke klub Thailand, Chonburi pada awal 2013 lalu, pemain berdarah Belanda itu tercatat mampu menambah lima caps. Hanya saja cedera akhir tahun lalu membuat penggawa Consadole Sapporo itu harus mengubur asa tampil di Piala AFF 2014.

Usai meninggalkan Persib Bandung, Sergio yang membela klub raksasa Iran, Sepahan musim kemarin sempat hilang dari pederedaran di pentas internasional sebelum keputusannya bergabung dengan Suphanburi di Thailand pada Juni tahun lalu mampu mengembalikan performanya dan membuat nama striker 32 tahun tersebut masuk ke dalam skuat final di Piala AFF yang berlangsung di Vietnam.

Hal bertolak belakang justru dialami Andik, kendati tampil cukup memuaskan bersama Selangor FA dalam musim perdananya di Malaysia Super League, sang winger lincah mantan penggawa Persebaya 1927 itu tak pernah mendapat kans untuk mengenakan kostum kebesaran timnas sejak penampilan terakhirnya dalam laga uji coba internasional melawan Belanda pada Juni 2013 lalu.

Pun demikian dengan Arthur dan bahkan ia memiliki masa vakum paling lama dibandingkan tiga kompatriotnya. Kendati telah menjajal kemampuannya bersama tiga klub berbeda di Eropa, dari Espanyol B, Atletico Malagueno hingga Waasland-Beveren, pemuda asal Surabaya itu tak pernah bermain di ajang internasional resmi selain laga debut dan terakhirnya pada 2012 lalu.[Goal]