Friday, May 29, 2015

Ini Efek Tanpa Pahabol di Timnas U-23


Seputar Timnas - Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Aji Santoso, mengatakan tak akan mencari pengganti Ferinando Pahabol. Dengan demikian, skuad Garuda Muda hanya akan diperkuat 19 pemain pada cabang olahraga sepak bola di ajang SEA Games Singapura 2015. 

Pahabol meninggalkan pemusatan latihan timnas U-23 pada Rabu (27/5/2015). Ia memilih mundur karena kecewa Persipura Jayapura gagal bertanding melawan Pahang FA pada babak 16 besar Piala AFC. 

"Ya, dia tidak ada penggantinya. Kami tidak bisa mencari pengganti sehingga akan berangkat dengan 19 pemain," kata Aji seusai latihan terakhir di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (29/5/2015) pagi.

Tanpa keberadaan Pahabol membuat Aji memiliki opsi minim untuk mengisi pos lini depan. Menurut pelatih berusia 45 tahun itu, timnas U-23 kini hanya memiliki dua penyerang, yakni Muchlis Hadi Ning dan Yandi Sofyan. 

"Pengaruh mental ke tim tidak ada. Kami hanya minim alternatif di lini depan," tutur mantan pelatih Persebaya 1927 tersebut. 

Sementara itu, dalam latihan terakhir hari ini, Aji mengungkapkan, tim pelatih tidak memberikan porsi berat. Menurut dia, menu latihan hanya untuk menjaga mental pemain tidak drop dan mencegah agar tidak ada yang cedera. 

"Namun, aliran bola perlu ditingkatkan. Begitu juga dengan pertahanan harus rapi dan serangan lebih tajam," ulasnya. 

Timnas U-23 akan bertolak ke Singapura pada Sabtu (30/6/2015). Indonesia berada di Grup A bersaing dengan Singapura, Myanmar, Kamboja, dan Filipina.[kompas]