Sunday, April 19, 2015

Timnas dan Liga Diambil Alih KONI dan KOI


Seputar Timnas - Setelah Menteri Pemuda serta Olahraga Imam Nahrawi memutuskan untuk membekukan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan nomor 0137 No 2015, Kemenpora memutuskan bahwa kegiatan tim nasional serta liga Indonesia akan terus berjalan. 

Menurut surat keputusan tersebut, persiapan timnas untuk mengikuti Sea Games 2015 serta Liga Super Indonesia akan diambil alih oleh KONI serta KOI.

"Demi kepentingan nasional, maka persiapan Tim Nasional Sepakbola Indonesia untuk menghadapi SEA Games 2015 harus terus berjalan, dalam hal ini Pemerintah bersama KONI serta KOI sepakat bahwa KONI serta KOI bersama Program Indonesia Emas (PRIMA) akan menjalankan persiapan Tim Nasional."

"Seluruh laga Indonesia Super League/ISL 2015, Divisi Utama, Divisi I, II, serta III tetap berjalan seperti seharusnya dengan supervisi KONI serta KOI bersama Asprov PSSI serta Klub setempat," demikian bunyi surat keputusan yang ditandatangani Imam pada 17 April tersebut. 

Perihal ini juga dikonfirmasi oleh Gatot Dewa Broto, juru bicara Kemenpora sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

"Ya, benar kami sudah mengeluarkan surat tersebut," ujar Gatot. "Selanjutnya seluruh kegiatan timnas serta liga akan diambil alih oleh KONI serta KOI."

Lainnya itu, Menpora pun akan membentuk Tim Transisi yang akan "mengambil alih hak serta kewenangan PSSI hingga terbentuknya kepengurusan PSSI yang kompeten."

Keputusan ini diambil Kemenpora menyusul PSSI yang tak mengakui hasil rekomendasi BOPI tak meloloskan Arema Cronus serta Persebaya Surabaya. 

Sebelumnya, Menpora telah mengirimkan tiga kali surat teguran, dengan SP 3 dikeluarkan pada Hari kamis (16/4) 2015. Sampai tenggat waktu yang sudah ditentukan yakni pada Jumat (18/4) pukul 18.40 WIB, PSSI tak memberikan jawaban.[cnn]