Sunday, April 26, 2015

Satlak Prima: Skuad Timnas U-23 Masih Bisa Diubah


Seputar Timnas -  Staf pelatih tim nasional Indonesia U-23 sudah menyerahkan daftar pemain untuk ajang di SEA Games 2015 ke Satlak Prima. Tapi, skuad tim 'Garuda Muda' itu masih bisa diganti.

Asisten pelatih timnas U-23, Mustaqim, pernah mengungkapkan masih butuh tambahan striker dan bek sayap untuk memperbaiki skuat.

Mustaqim juga sudah menyebutkan nama yang menjadi kandidatnya. Di pos wingback, nama Alfin Tuasalamony dan Syaiful Indra Cahya menjadi pemain yang dipersiapkan. Sedangkan di posisi striker, Yandi Sofyan dan Yohanes Ferinando Pahabol menjadi calon kuat.

Selain itu, cedera patah kaki yang dialami oleh striker Antony Putro Nugroho membuat staf pelatih yang dikepalai oleh Aji Santoso harus mencari tambahan pemain baru.

Soal rencana itu, Ketua Satlak Prima Suwarno memberikan tanggapaan. Dia menyebutkan bahwa 20 nama yang sudah didaftarkan masih bisa diganti. Tapi, penggantian itu masih dimungkinkan asal si pemain termasuk daftar yang didaftarkan pada bulan Januari lalu.

Daftar 20 pemain timnas U-23 sudah disetor ke Satlak Prima. Tapi, sebagai langkah antisipasi untuk pemain cedera atau halangan lainnya, ada lebih dari 30 pemain yang masuk daftar pada bulan Junuari ini.

"Mereka sudah tahu nama-nama yang bagus seperti apa. Entry by name 25 Maret seharusnya sudah masuk. Pada saat Januari mereka memasukkan nama, maka (yang disetor) lebih dari jumlah itu. Kalau ada penggantian nama, sejauh itu masih ada dalam daftar yang dimasukkan dalam konsep akreditasi, saya rasa bisa. Kalau tidak ada, saya rasa menjadi kendala," kata Suwarno saat melakukan sesi jumpa pewarta di kantor Kemenpora, Jumat (24/4/2015).

Suwarno juga berharap, kegaduhan yang sedang terjadi di PSSI tak sampai menggangu persiapan timnas U-23 berlaga di SEA Games. Sebab, dia menyebut persiapan tersebut sebagai tugas untuk membela harkat dan martabat bangsa.

"Dalam multievent ini kaitannya adalah harkat dan martabat bangsa di forum Asia Tenggara. Kami tidak melihat kegaduhan organisasi. Tapi, kami menyiapkan kontingen. Atlet terbaik yang akan diberangkatkan," tegasnya.[detik]