Thursday, April 23, 2015

PSSI Dibekukan, KONI: Persiapan Timnas SEA Games 2015 Tak Terganggu

PSSI Dibekukan, KONI: Persiapan Timnas SEA Games 2015 Tak Terganggu

Seputar Timnas - Ketua KONI Pusat Tono Suratman berujar persiapan Tim Nasional U-23 yang akan bertanding pada SEA Games 2015 di Singapura tak akan terganggu walau Kemenpora sudah menyerahkan persiapannya kepada KONI serta KOI.

"Persiapan Timnas SEA Games secara standar yang ada tetap kami siapkan serta akan berjalan sebagaimana biasa," ujar Tono di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Hari Senin (20/4/2015).

Perihal tersebut, ia sampaikan selepas menerima utusan PSSI yang terdiri atas Ketua Umum La Nyalla Mattalitti serta dua anggota Komite Eksekutif Djamal Aziz serta Tony Aprilani. Bagi Tono, persiapan tersebut tetap akan dijalankan sesuai dengan peranan dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

"Ada atau tak adanya penyerahan persiapan SEA Games kepada kami, Saya kira program-program yang sudah ada akan terus berjalan serta kami juga berharap timnas nantinya bisa memberikan yang terbaik dengan meraih emas," ujarya.

Diketahui dari undian yang dilaksanakan di Singapura pada hari Hari Rabu (15/4), Timnas Indonesia berada di Grup A. Skuad Garuda akan bertarung dengan tuan rumah Singapura serta tiga negara lainnya, yaitu Myanmar, Kamboja, serta Filipina.

Sedangkan, kampiun bertahan Thailand berada di Grup B yang relatif lebih kuat karena harus bersaing dengan Vietnam serta Malaysia, sementara penghuni Grup B lainnya adalah Laos, Brunei Darussalam, serta Timor Leste.

Menteri Pemuda serta Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara resmi membekukan PSSI ketika induk organisasi sepak bola Indonesia tersebut melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) di Surabaya, Hari Sabtu (18/4). 

Berdasarkan surat dengan nomor 01307 tahun 2015 yang ditandatangani langsung oleh Menpora Imam Nahrawi per tanggal 17 April ada beberapa poin yang menyangkut dengan pembekuan, di antaranya adalah pemerintah tak mengakui seluruh kegiatan yang dilakukan oleh PSSI.

Untuk timnas yang akan menghadapi SEA Games 2015 akan tetap berjalan. Dalam hal ini pemerintah bersama KONI serta KOI sepakat bahwa KONI serta KOI bersama Program Indonesia Emas (Prima) akan menjalankan persiapan timnas.

Sedangkan, seluruh laga Indonesia Super League (ISL) 2015, Divisi Utama, Divisi I, II, serta III tetap berjalan seperti seharusnya dengan supervisi KONI serta KOI bersama Asprov PSSI serta Klub setempat.[kompas]