Friday, April 24, 2015

KONI: Klub Wajib Lepas Pemain ke Timnas Indonesia


Seputar Timnas - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menegaskan bahwa setiap klub wajib melepas pemainnya yang dipanggil ke Timnas Indonesia. Ketua Satuan Pelaksana Prima (Satlak Prima) KONI, Suwarno, menyatakan bahwa hal tersebut telah diatur dalam peraturan yang berlaku di Indonesia, termasuk untuk pemanggilan para pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia U23 di SEA Games 2015 nanti.

“‎Berdasarkan Perpres (Peraturan Presiden) Pasal 22 Tahun 2010, Satlak Prima punya hak untuk mengatur atlet ini. Jadi, saya boleh mengambil mereka (pemain) untuk dipelatnaskan di Satlak Prima,” kata Suwarno di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Terlepas klub mengizinkan atau tidak, kami akan lihat bagaimana. Toh saat ini nama-nama pemain sudah ‎masuk entry by name. Bagaimana tidak mengizinkan? Saya punya kok kewenangan untuk memanggil atletnya,” tambahnya.

Urusan olahraga untuk ajang SEA Games memang menjadi wewenang KONI. Apalagi setelah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membekukan PSSI, KONI ditunjuk untuk mengambil-alih beberapa tugas PSSI, termasuk mengurusi tim nasional.

“Satlak Prima akan berkomunikasi dengan klub-klub terkait jika seumpama tidak ada izin dari klub. Tapi, ya itu semua muaranya pada atletnya sendiri. Jika si atlet tidak punya motivasi bertanding, ya, susah,” ujar Suwarno.

“Intinya, Satlak Prima juga akan memanggil secara personal atletnya jika nantinya ada kendala dari klub. Tapi kan saat ini kami sudah mendapat nama-nama pemainnya siapa saja. Kalau yang diusulkan ada masalah kami komunikasikan lagi nanti,” pungkasnya.[sidomi]