Wednesday, April 29, 2015

Inilah Dua 'Medan Pertempuran' Timnas U-23 di SEA Games Nanti


Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-23 akan tampil di SEA Games 2015 yang akan berlangsung di Singapura mulai awal Mei yang akan datang. "Garuda Muda" akan menghadapi sejumlah tantangan dari sisi lapangan.

Dalam gelaran SEA Games kali ini, Singapura memakai dua stadion untuk menggelar laga fase grup cabang sepakbola yakni Jalan Besar Stadium serta Bishan Stadium.

Tapi, Indonesia dipastikan akan tampil di Jalan Besar Stadium karena masuk Grup A selepas undian yang dihelat 15 April 2015 lalu. Sementara Bishan Stadium dipercaya menggelar pertandingan Grup B.

Mengenal lebih dekat soal stadion Jalan Besar, rupanya stadion berkapasitas 8.000 tempat duduk itu adalah tempat lahir sepakbola Singapura semenjak 1929.

Stadion yang menjalani renovasi pada 1999 ini juga dikenal dengan lapangan rumput sintetisnya. Permukaan rumput sintetis markas klub S League, Young Lions, itu terus dikembangkan pada 2006 serta 2008 di bawah pengawasan program FIFA Goal.

Jalan_Besar_Stadium-List_of_stadiums_in_Singapore

Permukaan rumput sintetis yang digunakan stadion Jalan Besar ini memiliki menggunakan permukaan artifisial FIFA 2 Star Recommended dengan kualitas yang cukup baik, dibandingkan permukaan sebelumnya.

Walau memiliki kualitas yang telah bisa persetujuan FIFA, rumput sintetis dikenal cukup menyulitkan buat pesepakbola yang tak biasa bermain di atasnya. Permukaan lebih licin serta pantulan bola tak sama dengan lapangan dengan rumput biasa.

Laga-laga melawan Singapura, dapat menjadi sangat krusial. Karena pasti Indonesia akan lebih dirugikan karena tuan rumah akan memiliki adaptasi lapangan yang lebih baik. Jadi, persiapan lebih di lapangan artifisial harus jadi bekal Timnas U-23.

Singapore-National-Stadium

Satu lapangan lain yang diapakai untuk menggelar laga Timnas U-23 adalah Singapore National Stadium yang baru diresmikan pada Juni 2014 lalu. Stadion ini adalah salah satu stadion paling modern di Asia.

Namun, bendera Indonesia baru berkibar di stadion berkapasitas 55.000 penonton ini jika Timnas U-23 sukses melangkah ke babak semifinal. Karena National Stadium baru digunakan untuk pertandingan 4 besar, perebutan posisi 3, serta tentunya pertandingan final.

Stadion ini memiliki kualitas lapangan yang menawan. Rumput yang menjadi permukaan adalah Desso GrassMaster, rumput-rumput alami yang disuntikkan serat artifisial di akar-akarnya. Teknologi ini akan menjadikan permukaan lapangan lebih mulus.

Grup A yang dihuni Timnas Indonesia U-23 akan memulai pertandingan pada 1 Juni 2015 yang akan datang, bersama Singapura, Myanmar, Kamboja, serta Filipina. Dua klub teratas akan lolos ke semifinal.

Semua masyarakat Indonesia tentu berharap "Garuda Muda" dapat meraih medali emas pada ajang multievent ini. Walau Satlak Prima hanya menargetkan masuk final alias minimal meraih perak.[viva]