Saturday, April 18, 2015

Ini Alasan Pemerintah Bekukan PSSI


Seputar Timnas -  Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengonfirmasi perihal surat keputusan pembekuan PSSI yang dikeluarkan pada Sabtu (18/4/2015). Menurut Juru Bicara Kemenpora, Gatot Dewa Broto, PSSI dinilai tidak mematuhi teguran tertulis yang dikeluarkan pihaknya. 

Menpora Iman Nahrawi sebelumnya telah melayangkan tiga surat peringatan dalam satu pekan terakhir kepada PSSI. Salah satu isi surat itu adalah memerintahkan Arema Indonesia dan Persebaya Surabaya untuk memenuhi permintaan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

"Ya, hari ini kami memang telah mengeluarkan surat tersebut. Ini dilatarbelakangi adanya teguran sehingga kemarin ada surat peringatan pertama hingga ketiga, dan jatuh temponya hingga Jumat kemarin pukul 18.40 WIB," ujar Gatot kepada di Jakarta.

"Karena tidak direspons dengan baik, kemudian kami memutuskan sesuai peraturan yang ada, berupa sanksi. Nah, sanksinya itu seusai dengan yang diatur dalam Pasal 122 ayat (2) huruf g Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007, yaitu ditariknya pengakuan kegiatan induk cabang olahraga, dalam hal ini PSSI," lanjutnya. 

Menurut Gatot, setelah putusan tersebut dikeluarkan, PSSI bakal diambil alih oleh Tim Transisi. Tim itu nantinya juga akan bertanggung jawab untuk persiapan tim nasional Indonesia jelang SEA Games 2015 di Singapura.

"Tim Transisi nanti akan segera dibentuk karena hari ini surat keputusan baru dibuat," terang Gatot.

Meski demikian, peserta Kongres Luar Biasa PSSI tak bergeming dan melanjutkan pemilihan. La Nyalla Mahmud Mattalitti kemudian terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2015-2019.[KOMPAS]