Friday, March 20, 2015

Rp600 Juta untuk Perawatan SUGBK


Seputar Timnas -  Pengembangan Pengelolaan Pusat Gelora Bung Karno (PPPK GBK) dan pihak promotor One Direction, menjanjikan pembersihan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) akan selesai tepat pada waktunya. Mereka juga menganggarkan dana sebesar Rp600 juta untuk perawatan rumput lapangan.

Diketahui, konser One Direction akan diadakan pada 25 Maret 2015 atau hanya berselang sehari dari pertandingan pra-Piala Asia yang digunakan oleh Timnas U-22 pada 27 hingga 31 Maret 2015.

Seperti layaknya stadion kenamaan di luar negeri, GBK tidak hanya digunakan untuk acara olahraga saja, melainkan juga untuk menggelar berbagai acara, seperti konser musik, acara keagamaan, serta tempat dihelatnya kampanye partai politik.

Sejak dibangun pada 24 Agustus 1962, GBK telah menyelenggarakan berbagai acara besar, dalam dunia musik misalnya, band-band ternama dunia, seperti SMTOWN, Mettalica, dan Linkin Park pernah mengadakan konser di GBK, penyanyi legendaris Mike Jagger bahkan jauh lebih dulu menginjakkan kaki di stadion kebanggaan masyarakat Indonesia, yakni tahun 1988.

Dari dalam negeri, grup musik Slank juga pernah melakukan konser di sini. Tepatnya, ketika grup yang digawangi Kaka itu merayakan hari jadinya yang ke-30 pada 13 Desember 2013.

"Berbagai konser pernah diadakan di sini, terakhir ada konser salah satu stasiun televisi swasta yang mengharuskan menutup rumput selama 10 hari. Kami menggunakan grass cover kualitas nomor satu sesuai standar IOC jadi rumput tidak akan rusak," tegas Direktur PPPK GBK, Raja Parlindungan Pane saat berkunjung kantor Kemenpora, Kamis (19/3/2015).

"Konser akan selesai jam 10 malam, kami akan langsung bersihkan. Pagi hari kami sirami dan sinari kembali hingga malam juga sudah bisa digunakan untuk uji coba," tambahnya.

Lebih lanjut pihak promotor sendiri akan mengerahkan tambahan orang jika diperlukan untuk mempercepat pembersihan stadion. Pihak promotor juga sempat membocorkan jika mereka menghabiskan dana sebesar Rp600 juta hanya untuk di dalam stadion.

"Penonton yang ada di lapangan sekira 20 ribu orang. Jadi tidak semua penonton ada di lapangan. Dana yang kami keluarkan untuk di dalam stadion sekitar Rp600 juta. Dana ini belum termasuk untuk biaya kebersihan dan parkir ," tambah Brand Manajer Ismaya Live, Yudha Perdana.[okezone]