Thursday, March 12, 2015

PSSI Angkat CEO Persebaya Jadi Manajer Timnas Indonesia


Seputar Timnas - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menunjuk CEO Persebaya Surabaya, Gede Widiade, sebagai manajer tim nasional Indonesia yang akan berlaga pada kualifikasi Piala Asia U-22 dan SEA Games 2015 di Singapura. Keputusan ini berdasarkan hasil rapat antara PSSI dengan Badan Tim Nasional di kantor PSSI.

"Pak Gede kami nilai pantas mengemban jabatan ini. Pak Gede juga memiliki jiwa mengayomi, kebapakan dan juga dekat dengan anak-anak timnas," kata Sekjen PSSI Joko Driyono, seperti dikutip dari Antara Selasa (10/3/2015).

Joko berharap Gede mampu memberi motivasi bagi pemain yang saat ini mulai menjalani pemusatan latihan. "Secepatnya Pak Gede akan mendampingi tim. Yang jelas SK akan segera kami kirimkan. Pak Gede juga siap mengemban tugas ini," tutur Joko.

Manajer Persebaya, Sulaiman Hary Ruswanto mengaku sangat mendukung penunjukkan Gede Widiade sebagai Manajer Timnas Indonesia. Apalagi dirinya sudah lama bekerja sama dengan pria yang juga seorang pengusaha itu.

"Tim Persebaya tidak masalah bila Pak Gede menjadi Manajer Timnas U-23. Malah bangga dengan ditunjuknya beliau oleh PSSI. Totalitas dan pengorbanan beliau untuk sepak bola nasional sudah terbukti," katanya.

Timnas Garuda Muda tahun ini akan turun di dua kejuaraan bergengsi sekaligus. Pertama akan turun pada kualifikasi Piala Asia U-22 Grup H di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 27-31 Maret. Timnas akan berhadapan dengan Korea Selatan, Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Tiga bulan berselang, anak asuh Aji Santoso itu akan dihadapkan dengan SEA Games 2015, Juni nanti. Maraih medali emas jelas menjadi target. Apalagi dalam dua SEA Games terakhir, Timnas Garuda Muda gagal menyumbang medali emas.

Demi menghadapi dua kejuaraan tersebut, pelatih Aji Santoso terus berusaha menyiapkan tim terbaik. Meski dalam uji coba internasional melawan tuan rumah Vietnam, Senin (9/3/2015), timnas harus mengalami kekalahan 0-1. [kompas]