Monday, March 30, 2015

Penjaga Gawang Timnas U-23 Cerita Cara Baca Eksekusi Penalti Brunei


Seputar Timnas -  Pesepakbola Brunei Darussalam bernomor punggung 17 bersiap melepaskan eksekusi penalti. Sepakannya menyusur ke kanan pojok bawah, tapi dengan sigap penjaga Gawang dengan logo Garuda di dada menghentikan bola.

Adalah Mohammad Aimil Rahmad Bin Ramlee yang langsung menutupi wajahnya tanda kecewa, sementara Natshir langsung dieluk-elukan oleh penonton Stadion Utama Gelora Bung Karno yang berada di belakang gawangnya.

Penyelamatan krusial tersebut terjadi ketika pertandingan baru berjalan empat menit saja ketika Indonesia U-23 menghadapi Brunei dalam pertandingan kedua Grup H kualifikasi Piala Asia 2016. Menjadikan skor tetap 0-0, sebelum Indonesia meraih kemenangan 2-0 lewat Ahmad Nofiandani serta Muchlis Hadi.

Sejatinya, gestur Aimil menjelang menendang bola cukup meyakinkan. Tapi, Natshir mampu beraksi dengan baik. Penjaga Gawang muda milik Persib Bandung itu pun bercerita soal penyelamatan penting tersebut.

"Saya lihat pergerakan ia (Aimil). Telah menduga jika ia akan menendang ke arah sana. Ya, alhasil dapat diblok. Namun, harus aku mengaku tadi ada faktor keberuntungan juga," papar Natshir bercerita.

Dengan penyelamatan pentingnya tersebut, maka gawang Indonesia yang dikawal Natshir masih belum kebobolan sama sekali atau masih perawan. Perihal ini menjadikan posisi skuat Garuda Muda cukup baik di papan klasemen, karena hanya terpaut satu gol dari Korsel di papan klasemen dengan +7.

Natshir pun mengakui jika gawangnya masih belum banyak menemukan bahaya dalam dua pertandingan pertama Grup H ini. Tapi, mentalitasnya diuji betul saat bisa sepakan penalti, walaupun tak dalam posisi membahayakan gawangnya.

"Memang agak kurang teruji di dua pertandingan pertama karena lawan (Timor Leste serta Brunei). Aku baru benar-benar teruji ketika tadi penalti dari Brunei, namun aku tak pernah menganggap mereka payah. Aku anggap penendang lebih hebat. Kuncinya, dapat menahan penalti karena konsentrasi serta juga kebetulan," imbuh pesepakbola bernomor 12 tersebut.

Selepas pertandingan kontra Brunei, Natshir berikutnya akan menghadapi pertandingan sukar yakni ketika kontra Korsel pada pertandingan yang akan berlangsung Hari Selasa mendatang, 31 Maret 2015. Kemenangan akan memastikan langkah tim asuhan Aji Santoso menuju babak utama di Qatar tahun depan.[viva]