Monday, March 23, 2015

Jelang Kualifikasi Piala AFC, Timnas U-23 Fokus pada Kekompakan Tim


Seputar Timnas - Tim Nasional Indonesia di bawah didikan Aji Santoso mulai fokus menjaga kekompakan sebelum menghadapi laga resmi kualifikasi Piala AFC U-23 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 27-31 Maret.

"Pertandingan telah dekat. Fokus kami ketika ini adalah menjaga kekompakan tim, mental serta gairah berlaga," ujar manager timnas Aji Santoso di Stadion Soemantri Brojonegoro, Jakarta, Hari Sabtu.

Bagi ia, kekompakan dan mental pesepakbola sangat penting untuk mendukung timnas selama menjalani laga. Terlebih, pada kualifikasi Piala AFC U-23 Grup H akan berhadapan dengan tim yang memiliki persiapan matang sebelum datang ke Indonesia.

Bukan hanya menghadapi tim kuat Korea Selatan, Timnas Garuda Muda akan berhadapan dengan Timor Leste dan Brunei Darussalam. Persaingan di Grup H bisa dipastikan akan ketat karena semua tim berusaha untuk lolos ke putaran final.

Demi mendapatkan tim terbaik, eks manager Persebaya Surabaya ini tetap mempertahankan pesepakbola yang ada yakni 24 orang. Padahal, sesuai dengan kuota, jumlah pesepakbola yang didaftarkan hanya 23 orang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

"Ini hanya untuk mengantisipasi kondisi pesepakbola saja. Bukan hanya itu, kami ingin menjaga kekompakan yang selama ini telah terbangun," ujar manager asal Malang, Jawa Timur itu.

 Evan Dimas dan kawan-kawan ketika ini memang terus mendapatkan pantauan dari jajaran manager. Hal ini dilakukan agar fokus pesepakbola untuk menghadapi laga kualifikasi Piala AFC U-23 sesuai dengan harapan.

Sedangkan, tim peserta kualifikasi Grup H mulai berdatangan, salah satunya adalah Korea Selatan. Anak asuh Shin Tae-yong bahkan sudah menjalani latihan ringan di Lapangan PSSI Senayan, Jakarta.

Ada 21 pesepakbola yang sudah mengikuti latihan perdana setibanya di Jakarta. Ada dua pesepakbola yang belum terlihat dalam latihan yakni Song Ju-hun dan Ryu Seung-woo. Keduanya merupakan pesepakbola yang merumput di luar Korea Selatan.

"Latihan mereka pagi dan sore. Mereka juga berencana melakukan laga uji coba dengan tim lokal sebelum tanding di kualifikasi," ujar perwakilan panpel kualifikasi Piala AFC U-23, Laurent.

Untuk dua tim lainnya yakni Timor Leste dan Brunei Darussalam dijadwalkan tiba di Jakarta, Hari Selasa (24/3). Sesuai dengan jadwal, kedua tim ini akan menjalani latihan pada Hari Rabu (25/3). [republika]