Wednesday, March 25, 2015

Indonesia Punya 'Mata-mata' di Piala Asia U-23


Seputar Timnas - Persiapan timnas Indonesia menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23 Grup H yang akan digelar 27-31 Maret 2015 telah memasuki tahap akhir. Selepas memantapkan kekuatan timnya, Aji Santoso selaku pelatih mulai memetakan tim lawan.

Aji mengaku butuh data terkait perkembangan Brunei Darussalam, Korea Selatan, serta Timor Leste. Serta sampai kini, Aji baru mengantongi kekuatan Korsel serta Brunei.

"Timor Leste yang agak sulit. Namun, patokannya adalah 6 hingga 7 pesepakbola mereka di kualifikasi pernah main di Asian Games," ujar Aji saat ditemui selepas memimpin latihan di Lapangan C, Senayan, Jakarta, pagi tadi, Hari selasa, 24 Maret 2015. 

Untuk memenuhi kebutuhan Aji, Badan Tim Nasional (BTN) mendatangkan seorang analis. Ia adalah eks pelatih Persib Bandung U-21, Jaino Matos.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama tenaga Jaino dipakai di Timnas. Ketika Piala AFF 2012, lelaki asal Brasil tersebut juga pernah membantu Nilmaizar dalam membedah tim lawan. 

"Saya baru gabung saat hari pamungkas pemusatan latihan di Bali," kata Jaino.

"PSSI yang merekrut Jaino. Aku memang memintanya untuk bisa menjadi analis di Timnas U-23. Sebenarnya, aku juga mohon ia berada di Timnas U-19 serta U-16. Jadi, Jaino akan membantu Timnas kelompok umur," timpal Direktur Teknik PSSI, Pieter Huistra.

Tugas Jaino bukan hanya meraba kekuatan lawan. Ia juga akan memberikan evaluasi terhadap penampilan Manahati Lestusen serta kawan-kawan saat berlatih serta berlaga.

"Sangat terbantu dengan hadirnya Jaino. Evaluasi pesepakbola juga bisa dianalisa lewat masukan Jaino. Mudah-mudahan berdampak positif di kualifikasi Piala Asia nanti," ujar Aji.

Selepas memantapkan persiapan di Bali, Timnas U-23 kembali ke Jakarta. Pada Piala Asia U-23 nanti, Manahati Lestusen serta kawan-kawan akan mengawali langkahnya dengan menghadapi Timor Leste, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Hari rabu 27 Maret 2015. [viva]