Tuesday, March 31, 2015

Hadapi Korsel, Ini Skenario Indonesia Menuju Piala Asia U-23


Seputar Timnas - Dengan modal dua kemenangan di Grup H, kans Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia U-23 yang akan dihelat 12-30 Januari mendatang masih terbuka lebar. Setidaknya ada dua skenario yang dapat mengantar pasukan Garuda Muda ke Qatar.

Pertama adalah dengan mengalahkan Korea Selatan U-23 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada pertandingan terakhir Grup H, Hari Selasa, 31 Maret 2015. Tambahan 3 poin otomatis mengantar Indonesia sebagai pemuncak klasemen serta meraih tiket babak utama.

Skenario kedua adalah, menjadi runner up terbaik. Sesuai aturan yang berlaku, lainnya kampiun masing-masing grup, 5 runner up terbaik juga memperoleh peluang melaju ke putaran final.

Ada pun posisi Indonesia kini bertengger di peringkat kedua grup H dengan koleksi 6 poin dari dua pertandingan. Dibanding runner up-runner up lainnya, posisi Indonesia masih teratas selepas mencetak 7 gol tanpa pernah kebobolan. Di belakang Garuda Muda menyusul, Yaman (+6), Uzbekistan (+6), Thailand (+5), serta Myanmar (+4), dengan jumlah poin yang sama.

Walau kini masih memimpin klasemen runner up terbaik, Indonesia masih cukup rentan tergusur dari posisi lima besar. Jika hingga kalah dari Korea Selatan, Indonesia harus bergantung dengan laga tim-tim runner up dari grup lainnya.

Jika
poin sama, penilaian pamungkas akan ditentukan lewat selisih gol, head to head antar tim, adu penalti, kartu kuning serta kartu merah serta undian bila masih belum juga ditemukan pemenangnya. [viva]