Monday, March 16, 2015

Gara-gara One Direction, Timnas U-23 Kemungkinan Batal Main di SUGBK


Seputar Timnas - PSSI terancam gagal memanggungkan laga Grup H Pra-Piala Asia U-23 di stadion Gelora Bung Karno (GBK), 27-31 Maret ini.

Pasalnya, stadion GBK akan dipakai untuk konser boyband asal Inggris, One Direction, 25 Maret.

Hal itu yang memunculkan kekhawatiran dari PSSI terkait kondisi rumput yang akan digunakan oleh para peserta PPA U-23.

"Koordinasi seminggu terakhir dengan direksi SUGBK, mengindikasikan ada pesimisme venue siap tanggal 26 (Maret). Menyusul, adanya kewajiban negara tuan rumah untuk menjamin dan menggaransi venue siap untuk digunakan latihan pada tanggal itu," ucap Joko Driyono, sekjen PSSI.

"Ini disebabkan penggunaan SUGBK hari ini terupdate posisi lapangan sudah tertutup. Bisa saja secara fisik tidak masalah, tapi kami belum mendapatkan advise dari pakarnya, misalnya soal kondisi rumput apakah masih on atau tidak jika tidak mendapatkan penyinaran selama seminggu," jelas pria asal Ngawi itu.

Melihat kondisi itu, PSSI langsung berkomunikasi dengan AFC dan tiga tim peserta lainnya yaitu Timor Leste, Brunei Darussalam, dan Korea Selatan.

"Ini cukup krusial, karena jika ada penolakan dari tiga tim lainnya termasuk AFC, ada opsi dicabut ke netral venue," tegasnya.

Maka itu, PSSI mengajukan opsi kedua yakni memindahkan lokasi turnamen itu ke Stadion Manahan, Solo. 

"Kami tetap berharap venue tetap di GBK. Insya Allah nanti sore saya ingin melihat juga potensi-potensi ditutupnya lapangan, termasuk kondisi rumput yang ditutup satu minggu," ucap pria yang juga menjabat CEO PT Liga Indonesia itu.

Joko pun menjelaskan untuk keputusan apakah venue event tersebut jadi dipindah atau tidak, biasanya paling lambat dikeluarkan AFC satu minggu sebelum turnamen dimulai.[tribun]