Thursday, March 26, 2015

Ditaklukan Kamerun, Indonesia Kalah Kualitas


Seputar Timnas - Sang asisten Manager Tim Nasional Senior Indonesia, Widodo Cahyono Putro mengakui tim asuhannya kalah kualitas dibandingkan Tim Kamerun. Karena itu, Ferdinand Sinaga serta rekan-rekannya tak bisa berbuat apa-apa ketika menjamu Singa Afrika pada ketika uji coba bertajuk FIFA Match Day di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Hari rabu, 25 Maret 2015.

"Meskipun persiapan lawan sangat mepet karena baru datang kemarin, tapi kualitas mereka jauh lebih bagus," kata Widodo kepada wartawan selepas pertandingan.

Dia menjelaskan keunggulan kualitas mereka terlihat dari segi fisik serta staminanya. Mobilitas antar pesepakbola jauh lebih bagus dibandingkan timnas senior Indonesia. Masing-masing pemainnya juga memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. "Perbedaan kualitas pesepakbola itulah yang menjadi penyebab kekalahan," ujarnya.

Boaz Solossa serta kawan-kawan, menurut Widodo sudah bermain dengan penampilan bagus. Manager, dia menambahkan, memberikan apresiasi meski hasilnya kalah 0-1. Di luar hasil, mereka mendapatkan banyak pelajaran dari laga menghadapi Tim yang selalu masuk Piala Dunia itu.

Ke depannya, pihak manager akan memberikan kesempatan pada pemain-pemain baru untuk menunjukkan kualitasnya ketika pertandingan ujicoba yang lain. Lima hari selepas pertandingan ini, tim yang sama akan menjamu Myanmar di lapangan Delta Sidoarjo.

Widodo menjelasakan ujicoba timnas di FIFA Match Day merupakan suatu keharusan. Apabila tak menyelenggarakan laga itu maka bisa saja timnas mendapat skorsing dari FIFA. "Laga semacam ini wajib diselenggarakan," ujar ia. [tempo]