Friday, February 6, 2015

Timnas U-23 Asah Kemapuan Tiki-Taka Ala Barcelona


Seputar Timnas - Pernah menimba ilmu kepelatihan dari akademi sepakbola Barcelona FC, jadi acuan Aji Santoso membentuk visi bermain Timnas U-23 dan U-22. Instruksi dan penekanan umpan-umpan pendek diberikan di sesi latihan Kamis, 5 Februari 2015 pagi.

Kendati bisa menyulitkan karena berbeda dengan cara main di klub, namun dasar sepakbola modern itu ternyata sudah menjadi menu sebagian klub-klub di Indonesia. 

"Tinggal sekarang memoles visi dan misi bermainnya. Soal teknik, saya rasa sudah ada bekal dari klubnya," ujar Aji sore tadi, Kamis, 5 Februari 2015.

Mustaqim, salah satu jajaran pelatih timnas yang dipimpin Aji, bahkan menyebutkan, persiapan fisik tim-tim terutama yang berlaga di Indonesia Super League (ISL), memudahkan mereka untuk lebih fokus menyatukan visi bermain dan strategi yang akan jadi andalan di ajang SEA Games dan kualifikasi Piala AFC nanti.

"Memang ada beberapa pemain yang baru dipanggil bergabung pada TC di Sidoarjo ini. Tapi, itu bukan kendala besar. Kami sudah punya gambaran solusinya, termasuk bagaimana menyamakan visi dalam sebuah organisasi permainan," terang Abah, panggilan Mustaqim.

Hal ini ditegaskan Aji dengan instruksi permainan pendek cepat. "Kami biasakan mereka bermain sepakbola modern. Bermain bola-bola pendek dari kaki ke kaki. Dan itu akan jadi ciri bermain timnas," ucapnya. "Sekarang sudah tidak zaman bermain long pass. Sudah kuno."

Bukannya kendala, gaya main itu kerap dilanggar dalam kondisi terdesak. Pada situasi ini, Aji langsung hentikan latihan dan mengulangi instruksi untuk bermain umpan-umpan pendek. 

"Banyak kesalahan umpan jika andalkan passing-passing panjang. Dan itu membahayakan jika kami sedang transisi dari menyerang ke bertahan atau sebaliknya," kata Aji. [viva]