Saturday, February 14, 2015

Timnas U-22 Dibantai Suriah Tiga Gol Tanpa Balas


Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-22 harus mengakui keunggulan tamunya Suriah dalam laga uji coba di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu 14 Februari 2015. Skuat besutan Aji Santoso dipaksa takluk dengan skor cukup telak 0-3.

Bermain di hadapan publik sendiri, skuat Timnas U-22 yang diperkuat beberapa pemain jebolan Timnas U-19 seperti Ravi Murdianto, Paulo Octavianus Sitanggang, dan Evan Dimas, justru banyak tertekan oleh permainan cepat para pemain Suriah.

Laga memasuki menit ke-11, gawang Ravi akhirnya bobol. Memanfaatkan umpan jauh kiper Abdullatif Nassan, Yousef Kalfa yang lolos dari jebakan offside sukses membobol gawang Ravi untuk membawa Suriah unggul 0-1.

Indonesia coba merespons dengan meningkatkan intensitas serangan, namun upaya mereka sejauh ini masih bisa digagalkan barisan pertahanan Suriah.

Peluang pertama Indonesia baru datang jelang berakhirnya babak pertama. Paulo Sitanggang melepaskan umpan terososan ke arah Wawan Febrianto. Sayang, upaya Wawan masih bisa digagalkan Nassan di bawah mistar. Skor 0-1 untuk Suriah bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Indonesia coba mengambil inisiatif serangan. Mengandalkan Evan Dimas sebagai penyalur bola, Timnas coba menekan pertahanan Suriah.

Untuk menambah daya gedor, Aji juga memasukkan Ilham Udin Armaiyn. Namun, bukannya mencetak gol penyeimbang, Ravi harus memungut bola dari gawangnya untuk kali kedua.

Pada menit ke-70, hasil tepisan Ravi Murdianto saat memblok umpan pojok tidak sempurna, sehingga bola mengarah ke kaki Mohammed Wesam Agha yang langsung menyambutnya dengan sepakan first time yang meluncur deras ke gawang. Suriah makin di atas angin dengan keunggulan 0-2.

Belum sempat bangkit, gawang Indonesia kembali koyak sepuluh menit berselang. Adalah Mohammed Wesam Agha yang lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor.

Kali ini, gol kedua dicetak Wesam lewat tandukan menyambut umpan sepak pojok. Wasit mengesahkan gol Wesam lantaran melihat bola telah melewati garis gawang sebelum disapu bek Indonesia.

Indonesia masih berupaya mencetak gol di sisa 10 menit pertandingan. Meski sempat memiliki beberapa peluang, namun tak ada yang berbuah gol. Skor 0-3 untuk kemenangan Suriah pun bertahan hingga laga usai. Hasil ini lebih buruk dari pertemuan pertama di tempat yang sama, empat hari lalu. Saat itu, Timnas U-22 berhasil menahan imbang Suriah 1-1.

Timnas Indonesia U-22 yang dipersiapkan untuk tampil di SEA Games 2015, Juni nanti, akan kembali melakoni laga uji coba pada Selasa 17 Februari, melawan Timnas Malaysia U-23.[metro]

Susunan Pemain:
Indonesia U-22: Ravi Murdianto, Manahati Lestusen, Abduh Restaluhu, Adam Setyano, Antoni Putra, Wawan Febrianto, Paulo Sitanggang, Andik Rama, Evan Dimas, Adi Bayauw, Jajang Maulana

Suriah U-23: Abdullatif Nassan, Mahmood Albaher, Mahommad Marmor, Amdul Ibrahim, Moumen Naji, Jihad Busmar, Shadi Alhamwi, Abdullah Ashami, Khaled Almbayed, M. Wesam, Yousef Kalfa