Thursday, February 26, 2015

Timnas Senior Cari Pelatih Lokal, RD Tinggalkan Persija?


Seputar Timnas - PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) akan mencari pelatih lokal untuk mendampingi Timnas Indonesia senior dalam dua laga ujicoba internasional yang akan digelar pada bulan Maret 2015.

Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan (RD), dikabarkan menjadi salah satu kandidat terkuat calon pelatih Timnas Indonesia senior. Apakah itu berarti RD akan meninggalkan Persija?

Rahmad Darmawan tidak memungkiri bahwa ia sangat tertarik untuk membesut Timnas Indonesia lagi, terlebih di level senior. Namun, saat ini ia masih terikat kontrak dengan tim Macan Kemayoran sehingga hal itu harus dibicarakan dengan manajemen Persija Jakarta.

“Bicara buat kepentingan negara saya tidak bisa menolak tawaran melatih Timnas Indonesia. Hanya memang karena saya terikat kontrak dengan Persija, saya tentu harus mendiskusikannya dengan manajemen,” kata Rahmad Darmawan di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Melatih Timnas Indonesia sesuatu yang membanggakan dan jadi pencapaian tertinggi seorang pelatih. Saya dengan senang hati menjalaninya,” lanjut pelatih yang musim lalu menukangi Persebaya Surabaya ini.

Rahmad Darmawan sendiri sebelumnya pernah menukangi Timnas Indonesia U23 di SEA Games 2013 lalu. Selain itu, pelatih asal Lampung ini juga sempat membesut Timnas Indonesia senior bersama Jacksen F. Tiago saat mengawal tim Garuda melawan Arab Saudi di ajang Pra Piala Asia 2015 pada tahun 2013 silam.

Posisi pelatih Timnas Indonesia senior saat ini sedang lowon sepeninggal Alfred Riedl yang didepak karena gagal membawa tim merah putih berprestasi di AFF Cup 2014 lalu. PSSI sebenarnya ingin mendatangkan pelatih asing, namun rencana tersebut tertunda akibat mundurnya jadwal kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015.[sidomi]