Saturday, February 7, 2015

Persebaya Berat Lepas Pemain ke Timnas U-23


Seputar Timnas - Menjadi klub penyumbang pemain terbanyak untuk Timnas U-23 memang membanggakan bagi Persebaya. Tapi di satu sisi juga merugikan. Tak heran bila pelatih Ibnu Grahan begitu berat untuk melepas Evan Dimas dan kawan-kawan.

Meski sepi di level senior, pemain Persebaya laris manis di Timnas U-23. Terhitung sebanyak lima pemain dipanggil oleh pelatih Aji Santoso. Mereka adalah  Evan Dimas Darmono, Ilham Udin Armaiyn, Zulfiandi, M. Zaenuri dan Putu Gede Juni Antara.

Dibanding empat pemain lainnya, Putu Gede termasuk yang terakhir bergabung. Pemanggilan pemain asal Bali ini tak lepas dari kebutuhan Timnas U-23 akan posisi bek kanan. Dengan lima pemain mudanya ke Timnas, Ibnu merana.

"Sebenarnya kita keberatan kalau dipanggil lima sekaligus. Apalagi untuk posisi bek kanan, kita tak ada pelapis. Hanya Putu Gede seorang," keluh Ibnu. Ia berharap ada kebijakan tersendiri dari Badan Tim Nasional (BTN) maupun pelatih Aji Santoso.

"Kalau bisa sewaktu kami butuhkan untuk uji coba, mereka sudah bisa kembali bermain untuk Persebaya," harap Ibnu.

Karena diperlukan oleh Persebaya dan Timnas U-23, kelima pemain itu harus diperlakukan bak sapi peras. Bagaimana tidak, setelah melakoni sesi game, Kamis (5/2/2015) sore, mereka harus terbang ke Bali guna kembali bergabung dengan pemusatan latihan Persebaya, Jumat (6/2/2015) siang.

Itu pun pada Jumat sore, mereka masih dimainkan pada pertandingan uji coba antara Persebaya dengan Bali United. Saat Timnas U-23 menjalani latih tanding bersama tim pra-PON Jatim, Sabtu (7/2/2015) siang, kelima pemain itu tak nampak.

"Memang kita beri (izin). Persebaya sendiri kan butuh untuk memadukan tim," jelas peltih Timnas U-23, Aji Santoso kepada beritajatim.com usai pertandingan.[berita jatim]