Wednesday, February 25, 2015

Mulai 1 Maret, Klub Dilarang Ganggu Skuad Timnas


Seputar Timnas - Pelatih Timnas U-23 Aji Santoso mengeluarkan kebijakan tegas untuk memproteksi armadanya. Manahati Lestusen Cs yang dipersiapkan menghadapi SEA Games 2015 Singapura dan sebagian untuk proyeksi kualifikasi AFC Championship U-23 pada 2016, dilarang memperkuat klub di kompetisi. Terutama mereka yang sudah lolos setelah menjalani proses seleksi per 1 Maret 2015.

Langkah ini diambil Aji agar pemainnya bisa konsentrasi memenuhi target PSSI. Terdekat adalah menjalani kualifikasi AFC Championship.

“Sudah tak ada toleransi. Semua pemain harus fokus pada agenda timnas dan klub tidak boleh mengganggu lagi,” terang Aji, Senin kemarin.

Aturan ini memang mengacu pada kesulitan Aji di masa pemusatan latihan (TC) yang diisi agenda uji coba. Beberapa pemain yang dipanggil tidak bisa hadir karena bersamaan dengan masa persiapan klub yang akan mengikuti kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015-2016.

Duo PSM Makassar eks Timnas U-19, Maldini Pali dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. Nama terakhir bahkan sangat diharapkan Aji untuk menambal minimnya tukang gedor di Garuda. 
Sebelumnya Aji memang tak menerapkan aturan seketat itu. 

Seperti saat Timnas U-23 menjalani pemusatan latihan di Sidoarjo. Mantan pemain dan pelatih Persebaya itu masih mengizinkan klub asal untuk mengambil pemainnya.

Tapi demi menjaga konsentrasi pemainnya agar tidak terganggu, Aji harus menerapkan aturan ketat tersebut. Aji beralasan, skuat yang akan menjalani pemusatan latihan awal Maret nanti, adalah komposisi utama dari Timnas U-23. 

“Di TC 1 Maret nanti akan jadi gambaran komposisi utama di Piala Asia nanti," jelas winger andalan timnas senior di era 1990-an tersebut.

TC sendiri belum ada kepastian akan digelar dimana. Sejauh ini, Sidoarjo, Jakarta  dan Yogyakarta masih jadi alternatif utama sebelum Indonesia menghadapi Vietnam di My Dinh Stadium, Hanoi 9 Maret mendatang.[viva]